alexametrics

Berencana Mulai Bangun Rumah Sakit Baru di Gresik Selatan Tahun Ini

19 Mei 2022, 14:10:28 WIB

JawaPos.com- Setelah menunggu bertahun-tahun, Rumah Sakit Gresik Selatan (RSGS) akhirnya akan segera terealisasi. Jika sesuai jadwal, dalam perubahan APBD 2022, pengerjaan fisik bisa dimulai.

Saat ini Pemkab Gresik menyelesaikan pembebasan lahan untuk RSGS. Sebelumnya, Pemkab Gresik melakukan studi di dua kecamatan untuk menentukan lokasi, yakni Driyorejo dan Kedamean.

Awalnya, ada dua opsi titik di Kecamatan Driyorejo tersebut. Namun, dari hasil survei, di sekitar wilayah Driyorejo sudah berdiri banyak rumah sakit. Karena itu, pemkab urung membangun RSGS di sana.

Sementara itu, untuk wilayah Kedamean, pemkab juga memiliki dua opsi lokasi. Namun, yang paling tepat dan sudah disetujui berada di Dusun Tempel, Desa Tanjung.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Pemkab Gresik Achmad Hadi menyatakan, kebutuhan lahan untuk RSGS akan menyesuaikan tipe rumah sakit yang akan dibangun. Jika tipe D, kebutuhannya minimal 5.000 meter persegi. Sementara itu, bila RSGS dibangun dalam bentuk tipe C, minimal diperlukan lahan 7.000 meter persegi.

’’Untuk tahap awal pembebasan lahan, dinas PUTR menargetkan luasan 5.000 meter persegi hingga 1 hektare. Dengan anggaran yang tersedia pada APBD 2022 sebesar Rp 5 miliar,’’ ucapnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : son/c12/diq

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads