alexametrics

Ada Pelonggaran Masker, Saatnya Jaga Etika Batuk dan Bersin

19 Mei 2022, 13:48:17 WIB

JawaPos.com – Dopkter Rita Hapsari Meta SpP FAPSR menerangkan bahwa kebijakan pelonggaran masker tentunya membawa angin segar. Terlebih dalam dua tahun terakhir bergelut dengan kondisi pandemi yang tidak menentu.

Hal yang harus diperhatikan dalam kebijakan pelonggaran masker itu, menurut dokter yang berpraktik di Mayapada Hospital Surabaya itu, adalah bagaimana bisa menjaga satu sama lain. Sebab, pelonggaran masker akan memengaruhi lingkungan kesehatan seseorang.

’’Yang harus digarisbawahi adalah kita harus bisa beretika ketika batuk atau bersin,’’ ujarnya.

Dalam kondisi berada dalam kerumunan, lanjut Rita, sebaiknya masker dipakai saja. Bahkan, saat pelonggaran masker, pemerintah menganjurkan untuk tetap bermasker saat berada dalam kerumunan banyak orang. Tetapi, jika berada di lingkungan terbuka dengan tidak banyak orang, masker bisa dilepas.

Kondisi lainnya yang harus diperhatikan, menurut dia, adalah ruangan tertutup. Tentunya harus memperhatikan apakah ruangan itu luas atau tidak, kemudian jumlah orang yang berada dalam ruangan tersebut.

Pakar kesehatan itu juga menuturkan, tentunya sebelum mengeluarkan kebijakan pelonggaran masker, pemerintah berkonsultasi dengan pakar dan melihat kondisi Covid-19. Pasca-Lebaran ini, kasus Covid-19 mulai melandai di beberapa daerah.

Bahkan, cakupan vaksinasi mulai anak-anak hingga lansia sudah terpenuhi. ’’Kalau cakupannya luas, angka proteksinya juga tinggi,’’ katanya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : eza/c7/git

Saksikan video menarik berikut ini: