alexametrics

Pasar Simo Buka Kembali, Pedagang Mulai Menata Lapak

Kecamatan Beri Pengarahan
19 Mei 2020, 15:00:13 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mempercepat pembukaan Pasar Simo, Kecamatan Sukomanunggal, dari waktu yang ditentukan sebelumnya. Yakni, Kamis, 21 Mei. Pasar yang ditutup sementara sejak 7 Mei tersebut direncanakan buka hari ini (19/5).

Dari pantauan Jawa Pos kemarin (18/5), pada pukul 13.26 banner yang memuat informasi penutupan pasar masih terpasang. Namun, kursi yang sebelumnya diletakkan di ujung jalan masuk pasar sebagai penghalang kemarin tidak ada.

Kemudian, pukul 15.25, garis kuning dilarang melintas yang melintang di kios-kios Pasar Simo dibuka Satpol PP Kecamatan Sukomanunggal. Aktivitas itu mengundang perhatian warga sekitar yang memperhatikan dari jarak jauh.

Setelah garis pembatas dibuka, tampak seorang pedagang memasukkan barang ke kiosnya. ’’Saya awalnya malah dengar bahwa pasar boleh buka itu hari ini (kemarin, Red). Ternyata, dikabari teman yang juga pedagang, belum boleh. Ditunda besok (19/5, Red),” tutur Sulikha, pedagang ikan asin di Pasar Simo.

Sulikha mendapat kejelasan bahwa pasar benar-benar boleh buka pada Selasa (19/5) melalui pesan instan. Pesan tersebut diterimanya kemarin siang. ’’Saya nggak tahu siapa namanya. Pokoknya dari Kecamatan Sukomanunggal,” tambahnya.

Dia mengusung beberapa barang dagangan, mulai terasi hingga ikan asin, ke lapaknya. Tampak kardus berisi beragam jenis ikan asin dan rempah diambilnya dari dalam kardus. Satu per satu barang dagangan itu ditata di meja lapak. ’’Ini saya kunci kalau saya tinggal nanti. Besok (Selasa, 19/5, Red) tinggal buka lapak saja,” terangnya.

Pada 7 Mei, Pasar Simo disegel pemkot setelah ditemukan pedagang ayam potong meninggal dengan status positif Covid-19. Penutupan pasar tertuang dalam surat edaran bernomor SU-950/01/V/2020 yang dikeluarkan PD Pasar Surya.

Direktur Pembinaan Pedagang PD Pasar Surya Muhammad Taufiqurrahman memastikan, seluruh aktivitas pedagang dan pembeli di pasar akan dipantau. Semua kegiatan harus menerapkan protokol keselamatan Covid-19. Tanpa terkecuali. ’’Seluruh pedagang sudah diberi informasi terkait pembukaan ini,” tuturnya.

Taufik menambahkan, yang dibuka bukan hanya Pasar Simo, melainkan juga Pasar Simo Gunung. Penerapan protokol keselamatan juga wajib diterapkan pedagang dan pembeli di Pasar Simo Gunung. PD Pasar Surya mencatat ada 189 pedagang di Pasar Simo. Sementara itu, di Pasar Simo Gunung terdapat 102 pedagang.

Camat Sukomanunggal La Koli mengatakan, pedagang Pasar Simo akan dikumpulkan di kantor kecamatan pada Selasa pagi. Dia menyebutkan, pihaknya meminta kepada seluruh pedagang untuk kooperatif dalam hal memutus mata rantai persebaran Covid-19 di area pasar.

La Koli berencana menambah wastafel untuk cuci tangan. Ditanya berapa wastafel yang akan ditambah, dia belum bisa menyebutkan. La Koli mengatakan, pihaknya mengkaji terlebih dahulu di titik mana saja wastafel bakal dipasang. ’’Sementara ini ada satu wastafel saja di pasar. Saya rasa kurang ya,” ujarnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : sam/c7/nor

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads