alexametrics

Cinta Berakhir, Fitnah Bertindak, Kena Vonis 1,5 Tahun Penjara

19 Januari 2020, 16:48:59 WIB

JawaPos.com – Vonis terhadap terpidana Natan Oscar Anangga Sugiarto sudah berkekuatan hukum tetap. Oscar tidak mengajukan banding. Pria 38 tahun itu menyatakan menerima vonis pidana 1,5 tahun penjara yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Majelis hakim yang diketuai Sarwedi menyatakan bahwa Oscar bersalah telah mencemarkan nama baik melalui informasi dan transaksi elektronik (ITE).

Vonis tersebut lebih ringan daripada tuntutan jaksa penuntut umum. Jaksa Dedy Arisandi sebelumnya menuntut Oscar dengan pidana dua tahun penjara. Terhadap putusan itu, jaksa dan terdakwa sama-sama menerimanya. ’’Jaksa dan terdakwa menerima. Putusan inkracht,’’ ujar jaksa Dedy. Kini Oscar ditahan di Rutan Kelas I-A Surabaya di Medaeng untuk menjalani hukuman tersebut.

Oscar sebelumnya mengunggah foto mantan kekasihnya, Anita Gunawan, yang disejajarkan dengan foto kaki menginjak kitab suci di Facebook. Akun Facebook bernama Merlyn Channa juga menuliskan alamat lengkap rumahnya serta nomor telepon selulernya. Foto itu viral. Anita ketakutan.

Ketakutannya semakin menjadi ketika polisi mendatangi rumahnya di Manyar pertengahan Oktober tahun lalu. Polisi akan menangkapnya. Sebab, dia diduga telah mengunggah status yang berisi fotonya tersebut. Namun, Anita menyatakan bahwa sebenarnya bukan dirinya yang mengunggah status tersebut.

Setelah ditelusuri, status Facebook itu diunggah Oscar, mantan kekasihnya. Oscar dan Anita sebelumnya berpacaran. Anita kemudian memutuskan hubungan asmaranya. Alasannya, Oscar selalu ditelepon mama Anita untuk disuruh pulang setiap keluar. Dia sakit hati, lalu berpikiran jahat untuk meneror mantan kekasihnya itu.

Oscar mengunggah status yang mencemarkan nama baik Anita sampai tiga kali. Pertama dilakukan setelah setahun putus. Pada 2017, terdakwa mengunggah foto Anita dengan disertai keterangan perempuan di dalam foto bisa diajak berhubungan seksual.

Selanjutnya, Oscar dua kali, tepatnya pada Januari 2018 dan Januari 2019, mengunggah status Facebook yang berisi foto wajah Anita disandingkan dengan kaki menginjak kitab suci disertai kalimat yang menghina agama dan Tuhan. Ketika membuat status, Oscar selalu menggunakan akun palsu. Seolah-olah dalam unggahan itu Anita yang menginjak kitab suci.

Setelah tertangkap, Oscar langsung pindah agama. Dia meninggalkan agama lamanya untuk memeluk agama yang kitab sucinya diinjak. Dia mengaku takut terkena azab karena perbuatannya. Selain itu, dia mengaku sudah mendapatkan hidayah. ’’Saya sudah pindah agama. Nggak mau kena masalah,’’ ucap Oscar menjawab majelis hakim yang menanyakan agamanya karena di dalam surat dakwaan masih tertulis agama lamanya dalam sidang beberapa waktu lalu

Tiga Fitnah Berujung Penjara

Januari 2017

– Oscar unggah foto mantan disertai keterangan bisa diajak kencan.

Januari 2018

– Oscar unggah foto mantan disejajarkan dengan kaki injak kitab suci.

Januari 2019

– Oscar unggah foto mantan disejajarkan dengan kaki injak kitab suci.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : gas/c15/ano



Close Ads