alexametrics

Jelang Tutup Tahun, Capaian Pendapatan APBD Gresik 72,4 Persen

18 November 2021, 17:14:49 WIB

JawaPos.com- Menjelang tutup tahun anggaran 2021, capaian pendapatan daerah Pemkab Gresik relatif rendah. Data per 11 November, baru teralisasi 72,4 persen. Meski demikian, badan pendapatan pengelolaan keuangan dan aset daerah (BPPKAD) menganggap capaian tersebut tergolong bagus. Sebab, tahun ini masih terdampak pandemi.

Pada 2021, total target pendapatan di APBD Gresik mencapai Rp 3,29 triliun. Di antaranya berasal dari pendapatan asli daerah (PAD) Rp 1,153 triliun dan pendapatan transfer Rp 1,37 triliun. Namun, dari target pendapatan tersebut, realisasi PAD baru tercapai Rp 832,72 miliar (72,21 persen) dan pendapatan transfer terealisasi Rp 1,11 triliun (91,01 persen).

Kepala BPPKAD Pemkab Gresik Nuri Mardiana menyatakan, capaian pendapatan tersebut sudah bagus lantaran pada 2021 terdapat gelombang pandemi. Dampaknya cukup besar yang juga menghantam sejumlah sektor pendapatan.

Pajak hiburan,  misalnya. Sejauh ini baru mencapai 36,15 persen karena ikut terdampak PPKM darurat dan berlevel. Bahkan, kala itu sempat berhenti beroperasi. Selain sektor hiburan, sektor lain seperti restoran juga terdampak serius. Namun, belakangan penerimaan pajak dari sektor restoran itu tercatat sudah merangkak naik. Capaiannya sudah hampir 70 persen.

’’Pajak parkir yang juga berkaitan dengan sektor tersebut juga merangkak naik. Saat ini sudah 60 persen,’’ ujarnya.

Di sisa tahun anggaran ini, pihaknya berharap sektor yang masih jauh dari target itu bisa mengejar ketertinggalan. Nuri menyebutkan, untuk mengejar ketertinggalan tersebut, tim sudah berupaya maksimal. Di antaranya, turun langsung ke lapangan hingga gencar sosialisasi. Terutama untuk capaian penerimaan pajak bumi dan bangunan (PBB) yang sudah terealisasi 91,84 persen.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : son/12/diq

Saksikan video menarik berikut ini: