alexametrics

Sehari, Tiga Kebakaran di Surabaya Timur

Warga Negara Belanda Terjilat Api
18 November 2019, 20:20:15 WIB

JawaPos.com – Prasetyo bersama empat rekan kerjanya terlihat sibuk di toko RA Jeans, Jalan Rungkut Industri Kidul, Rungkut, kemarin. Mereka bahu-membahu membersihkan toko busana tersebut dari sisa kebakaran yang terjadi kemarin (17/11). Ada juga yang menyapu serta mengepel lantai toko.

Prasetyo mengaku kaget ketika mendapatkan info bahwa gedung itu terbakar. Saat api muncul pada pukul 08.30, manajer operasional RA Jeans tersebut sedang berada di rumahnya. ’’Saya dapat info dari teman yang berjaga di kantor. Terjadi kebakaran. Langsung saya bergegas,’’ ujar pria yang tinggal di Jagir Wonokromo itu.

Sesampai di toko, dia melihat tiga mobil pemadam kebakaran sudah tiba di lokasi. Tak jauh dari situ, dua karyawan yang menjaga toko sibuk menyelamatkan barang-barang. Dia lantas mengarahkan mereka untuk sigap bergerak dengan hati-hati. ’’Keselamatan jadi hal yang utama,’’ ujar Prasetyo.

Dia menjelaskan, api diperkirakan muncul dari stabilisator listrik yang berasal dari area belakang toko. ’’Terjadi korsleting, lantas terbakar,’’ ungkapnya. Dia tak tahu pasti penyebab korsleting. Hanya, peristiwa itu baru kali pertama terjadi sejak toko tersebut didirikan pada 2017 lalu. ’’Gedung ini milik Raffi Ahmad, Mas. Artis itu,’’ jelasnya.

Dari kejadian tersebut, belum ada penghitungan kerugian toko. Beberapa material seperti sandal dan sepatu terbakar akibat peristiwa itu. Namun, kerugian bakal menyambut mereka lantaran toko dipastikan tutup selama tiga hari. ’’Ini harus dilakukan untuk perbaikan alat stabilisator,’’ tutur Prasetyo.

Angka penjualan Rp 2,5 juta sehari harus direlakan. ’’Pimpinan mengarahkan seperti itu dulu. Sampai situasi betul-betul pulih dan kondusif,’’ ujarnya. Paling lambat, toko kembali beroperasi pada Jumat (22/11).

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Surabaya Dedik Irianto menjelaskan bahwa gedung yang terbakar hanya lantai 1. Luasnya 3 meter persegi dari total keseluruhan 150 meter persegi.

Dedik menerangkan, ada empat unit armada pemadam kebakaran yang menjangkau titik api. ’’Kami lakukan penyedotan asap dengan menggunakan blower dan menjebol plafon untuk melihat perambatan api,’’ tambahnya. Tak berselang lama, petugas kepolisian melakukan penyelidikan.

Sementara itu, kebakaran tidak hanya terjadi di Rungkut. Selang dua jam kemudian, petugas kembali disibukkan dengan pemadaman kebakaran di Jalan Pantai Ria Kenjeran (Kenpark Kenjeran Baru). Kali ini sampah dan teras bangunan yang hangus dilalap si jago merah.

’’Kejadian tersebut membuat seorang warga jadi korban,’’ ujar Dedik. Yakni, seorang warga Belanda bernama Dirk De Kroon yang memiliki gudang di lokasi itu. Saat kejadian De Kroon sedang berada di dalam kapal yang masih dalam tahap pembangunan.

Pria kelahiran Belanda tersebut terbangun saat api sudah membesar. Teriakan warga membangunkannya. ’’Papi, Papi. Terbakar,’’ kata De Kroon menirukan warga. Dia pun bangun, melihat ke luar, api hampir naik ke atas kapalnya.

Dedik menerangkan, selain kejadian di Bulak, petugas PMK memadamkan kebakaran pada sebuah mobil yang mengalami korsleting mesin di Kertajaya. ’’Hari ini (kemarin, Red) kami memang betul-betul sibuk,’’ ujarnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : jar/den/c22/ady



Close Ads