alexametrics

Proyek Jembatan Joyoboyo Dimulai Akhir Tahun

18 November 2019, 18:18:36 WIB

JawaPos.com – Pengerjaan proyek Jembatan Joyoboyo baru dimulai menjelang akhir tahun. Sebab, dokumen kontrak masih diperiksa ahli hukum. Kalangan dewan mempertanyakan kelanjutan proyek tersebut karena sudah mendekati pergantian tahun anggaran.

Sekretaris Komisi C DPRD Surabaya Agoeng Prasodjo menyatakan, proyek itu dikerjakan multiyear. Yakni, tahun ini dan 2020. Namun, sampai sekarang, belum ada progres yang signifikan. Bahkan, tidak ada pekerjaan yang dilakukan. ”Harusnya sudah ground breaking,” ujarnya kemarin (17/11).

Menurut dia, seharusnya proyek dilelang pada Mei. Namun, prosesnya sempat molor karena masalah administrasi. Lelang proyek akhirnya baru bisa terlaksana pada awal Oktober. Agoeng mengungkapkan, proyek tersebut ditandatangani pada 29 Oktober. Namun, aktivitas proyek belum terlihat di lokasi. Bahkan, pihak kontraktor hingga kemarin tak kunjung melakukan persiapan.

Menurut Agoeng, ada beberapa hal yang dianggap menjadi masalah. Salah satunya, soal perencanaan dari pemkot. ”Jika perencanaannya matang, proyek itu tidak akan molor seperti ini,” ucapnya.

Kendala lain, terkait dengan pembebasan lahan. Menurut Agoeng, pemkot juga terlambat soal itu. Sebab, persoalan pembebasan lahan belum tuntas hingga saat ini. ”Hanya beberapa rumah yang dibongkar. Lalu, belum jelas juga kelanjutannya,” terangnya.

Jembatan penghubung Pulo Wonoromo dengan Joyoboyo tersebut akan dibangun sepanjang 70 meter dengan lebar 17 meter. Berdasar desainnya, jembatan itu akan dihiasi dengan air mancur dan lampu warna-warni.

Sementara itu, saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Erna Purnawati memastikan bahwa proyek tersebut ditarget selesai dalam waktu 420 hari atau kurang lebih 14 bulan. Proyeknya baru bisa dikerjakan bulan depan karena perjanjian kontraknya masih diperiksa ahli hukum.

Untuk pembebasan lahan, DPUBMP segera melunasi ganti ruginya. Dari 45 persil yang akan dibebaskan, baru 14 yang sudah dibayarkan. ”Sisanya akan kami selesaikan pada Januari,” jelasnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : adi/sal/c12/eko



Close Ads