alexametrics

Gerak Jalan Mojosuro, 9.851 Orang Berjalan Sejauh 56 Km

18 November 2019, 12:39:03 WIB

JawaPos.com – Kawasan Tugu Pahlawan dipenuhi peserta yang mengakhiri Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto–Surabaya (Mojosuro) kemarin (17/11). Peserta terakhir yang masuk garis finis dalam ajang tahunan itu tercatat pukul 05.00.

Partisipan gerak jalan beregu penuh semangat berjalan dengan kompak. Begitu juga peserta perorangan. Mereka sudah berjalan dari Mojokerto dengan total jarak yang ditempuh sejauh 56 kilometer. Rute yang diambil sama dengan tahun lalu dengan start di Lapangan Raden Wijaya, Jalan Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, pada Sabtu (16/11) pukul 14.00.

Kepala Dispora Jatim Supratomo menyatakan, tahun ini peserta yang mengikuti acara tersebut lebih banyak. Yakni, 9.851 peserta. Mereka terdiri atas 502 kelompok beregu umum, 19 peserta beregu TNI-Polri, 21 beregu pelajar, dan 2.805 perorangan. Tahun lalu total peserta yang ikut berjumlah 9.500 orang.

Acara itu diikuti peserta dari seluruh Indonesia. ’’Peserta dari Jakarta dan Cirebon juga banyak yang ikut,’’ ucapnya. Bukan hanya itu, ada pula dua warga Austria yang ikut serta.

’’Ini kali pertama gerak jalan Mojosuro diikuti warga negara asing,’’ paparnya.

Dengan jumlah peserta yang naik dibanding tahun lalu, Supratomo optimistis ajang yang dihelat sebagai bagian dari peringatan Hari Pahlawan tersebut masih diminati. ’’Ajang ini juga bagian dari pelaksanaan program Gerakan Jatim Seger (Jatim senang gerak, Red),’’ paparnya. Sebagaimana diketahui, program Gerakan Jatim Seger diluncurkan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa beberapa waktu lalu.

Supratomo menuturkan, kegiatan Gerak Jalan Perjuangan Mojosuro kali ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Salah satunya sistem pendaftaran yang dilakukan via online. ’’Sistem online ini kali pertama. Sebelumnya manual. Tetapi, tahun ini masih terima pendaftaran manual juga,’’ paparnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : ika/c15/tia



Close Ads