alexametrics

Rangkul Seniman dan Warga, Mujiaman Tegaskan Siap Bangun THR

18 Oktober 2020, 10:39:24 WIB

Jawapos.com – Dalam kunjungannya ke kampung Tambak Wedi pada Sabtu (17/10), Calon wakil walikota Surabaya, Mujiaman Sukirno melihat pentingnya menghidupkan kembali Tempat Hiburan Rakyat (THR) dan kesenian seperti ludruk. Sebab tak hanya sekadar hiburan bagi rakyat tapi, tempat tersebut mampu menjadi ikon Surabaya.

“Kalau di bangun jadi pusat kebudayaan dan ekonomi akan berdampak luar biasa pada masyarakat Surabaya, apalagi di masa pandemi, Akan mampu menjadi pusat pengembangan ekonomi,” tegasnya.

Mantan Direktur Utama PDAM Surya Sembada ini mengatakan, dengan luas THR sebesar 17 hektar, maka remaja dan anak muda Surabaya mampu memiliki ruang untuk berkreasi dan mengembangkan diri. “Ruang di Surabaya ini mahal sekali. Kalau THR dibangun, maka ada tempat untuk mengapresiasi seniman. Bila dikembangkan, bisa menjadi Mini of Surabaya,” tuturnya.

Di sisi lain, Ia juga menyayangkan kondisi seniman saat ini yang tidak memiliki tempat berkreasi dan terintegrasi. Ia bahkan melihat seniman tercecer.

“Nggak ada ruang. Nggak bisa berkreasi karena ruang terlalu mahal. Saya dulu juga main di gedung teater THR. malamnya jualan tiket jaga loket, paginya digusur,” kisahnya.

Sementara itu, Riyanto, ketua RT Tambak Wedi Baru mengatakan, warga Surabaya sangat rindu adanya taman hiburan rakyat, pasca ditutupnya Taman Remaja yang menjadi jujukan warga kecil surabaya dalam mencari tempat hiburan bersama keluarga. Padahal, dulunya taman remaja itu pilihan warga surabaya kalau mau jalan-jalan sama anak-anak, keluarga.

“Selain murah, lengkap lagi permainannya, ditambah ada pusat keseniannya kayak ludruk, benar-benar tempat hiburan rakyat. tapi setelah ditutup pemkot, rasanya pemkot menghilangkan kebahagian rakyat cilik, hilang sudah ikon surabaya itu, seperti hilangnya kebahagian untuk warga surabaya,” akunya.

Mendengar rencana Mujiaman membangun kembali kawasan tersebut, Ia merasa ada harapan baru. Sebab, bila seniman diberikan ruang, maka warga bisa lebih bahagia. “Program yang diusung berpihak pada kepentingan rakyat. Kami membutuhkan sosok pemimpin seperti itu,” tukasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Nurul Adriyana Salbiah




Close Ads