Mas Bechi Tegaskan Bakal Sumpah Mubahalah

Dalam Sidang Pemeriksaan Saksi di PN Surabaya
18 Agustus 2022, 12:05:32 WIB

JawaPos.com–Sidang pemeriksaan saksi atas kasus pencabulan santri kembali digelar hari ini, Kamis (18/8). Terdakwa Moch Subchi Azal Tsani (MSAT) atau Mas Bechi tiba di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya pada pukul 08.53 WIB.

Ketika tiba, Bechi mengenakan kemeja biru dengan rompi tahanan merah. Dia juga mengenakan masker putih.

Dalam kedatanganya tersebut, Bechi tampak mengenakan pakaian yang sama dengan persidangan sebelumnya, Senin (15/8). Yakni menggunakan kemeja biru dan rompi tahanan merah.

Sidang kemudian dimulai pada pukul 09.25 WIB. Dia juga sempat bicara tentang sumpah mubahalah.
Putra tunggal Kiai Muchtar Mu’thi, pemilik Pondok Pesantren Shiddiqiyah Jombang itu mengaku menyerahkan sumpah muhabalah ke tim kuasa hukum.

“(Sumpah Muhabalah) ya nanti dijelaskan kuasa hukum, iya nanti,” ujar Bechi, saat dipindahkan dari ruang sidang Cakra ke ruang Jaksa.

Sementara itu, Massa pendukung terdakwa pencabulan dan pemerkosaan santriwati, Moch Subchi Azal Tsani (MSAT) alias Mas Bechi dipastikan tidak datang ke seluruh persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Janji itu disampaikan kuasa hukum MSAT, I Gede Pasek Suardika. ”Nggak akan datang,” terang I Gede Pasek Suardika, Senin (15/8).

Menurut dia, idak perlu ada penjagaan ketat dalam sidang yang akan digelar selama 8 kali tersebut. Sidang hari ini (15/8), digelar dengan agenda pemeriksaan saksi. Dia memastikan situasi sidang akan tetap kondusif.

”Tidak ada massa dari Jombang. Sebenarnya tidak perlu kepolisian mengerahkan banyak personel. Kami serahkan semua ke kepolisian agar sidang kondusif,” papar I Gede Pasek Suardika.

Hal serupa disampaikan Erlian Rinda alias Durrotun Mahsunnah, istri Mas Bechi. Sunnah, sapaannya, memastikan massa tidak akan hadir. Kepastian itu disampaikan saat dia mendampingi suaminya di PN Surabaya. Dia hanya didampingi beberapa keluarga Mas Bechi.

Sebagai gantinya, lanjut dia, massa dan simpatisan yang berasal dari Pesantren Shiddiqiyyah itu menggelar doa bersama di rumah ayah Mas Bechi, KH Muchtar Mu’ti. Pengajian digelar di Pesantren Majma’al Bahroid Shiddiqiyyah, Ploso Jombang.

”Kami menggelar doa bersama di Jombang.  Pagi, siang, malam, mendoakan Mas Bechi agar diberi kesehatan dan memperoleh keadilan,” ujar Sunnah.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini

Saksikan video menarik berikut ini: