alexametrics

PMI Surabaya Kirim Plasma Konvalesen ke Luar Negeri

18 Mei 2022, 15:39:15 WIB

JawaPos.com–Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya akan mengirim plasma konvalesen (PK) ke luar negeri. Sebab saat ini jumlah PK masih melimpah, sementara pasien Covid-19 di Surabaya terus menurun.

Kabag Pelayanan dan Humas UDD PMI Kota Surabaya Wandai Rasoetedja mengatakan, PK akan segera dikirimkan ke luar negeri. Terdapat beberapa negara tujuan yang akan menerima PK.

”Kalau untuk pengolahan kami belum ada peralatan memadai. Sementara PMI pusat ada kerja sama dengan Korea Selatan,” kata Wandai, Rabu (18/5).

PMI Surabaya telah menutup penerimaan PK. Saat ini, memiliki stok sebanyak 1.272 kantong PK untuk dikirimkan ke luar negeri.

”Kami sediakan PK dari waktu pandemi kemarin. Jadi memang sudah tersedia,” ujar Wandai.

Bentuk PK yang akan dikirimkan adalah fresh frozen. PK berupa plasma yang dibekukan. Sehingga siap diterima pasien Covid-19.

”Plasma yang sudah dibekukan bisa diolah kembali menjadi albumin, suatu cairan yang berasal dari plasma mengandung protein untuk orang yang terkena asites,” papar Wandai.

Berdasar catatan laman lawancovid-19.surabaya.go.id, hanya ada 27 pasien Covid-19 di Kota Surabaya. Pasien Covid-19 yang meninggal dunia tercatat tidak ada.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads