alexametrics

LTMPT Tidak Sediakan Ujian Tulis Berbasis Komputer Susulan

18 Mei 2022, 14:48:45 WIB

JawaPos.com – Pelaksanaan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) hari pertama di sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) di Surabaya berjalan lancar, Selasa (17/5). Tidak ada kendala teknis, tetapi ada beberapa peserta yang tidak hadir tanpa keterangan dalam pelaksanaan UTBK. Mereka pun dianggap gagal UTBK dan tidak bisa mengikuti seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN).

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof Mochamad Ashari mengatakan, dari pantauan hari pertama di seluruh pusat UTBK di Indonesia tidak ada keluhan. Semua berjalan lancar.

’’Ada beberapa peserta yang tidak hadir. Sekali lagi, kebijakan LTMPT tidak menyediakan ujian susulan bagi mereka yang tidak hadir UTBK,” katanya kepada Jawa Pos saat melakukan pemantauan di pusat UTBK Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kemarin.

Ashari menuturkan, situasi pelaksanaan UTBK tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Tahun ini kondisi Covid-19 mulai mereda. Jadi, LTMPT membuat kebijakan tidak mengakomodasi adanya ujian susulan.

’’Saya imbau para peserta yang ingin mendaftar SBMPTN untuk hadir mengikuti UTBK,” ujarnya.

Pelaksanaan UTBK tahun ini, lanjut dia, tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Materi yang diujikan meliputi tes potensi skolastik (TPS) dan tes potensi akademik (TKA). Hanya, di dalamnya terdapat materi sendiri khusus bahasa Inggris.

’’Ini permintaan dari perguruan tinggi negeri. Sebab, bahasa Inggris dibutuhkan saat kuliah,” katanya.

Rektor ITS itu menambahkan, total ada 800 ribu lebih peserta UTBK secara nasional. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun lalu yang mencapai 770 ribu peserta. Sementara itu, peserta yang akan diterima jalur SBMPTN hanya 460 ribu secara nasional.

’’Para peserta UTBK tersebar di 74 lokasi pusat UTBK, termasuk di ITS,” ujarnya.

Sementara itu, LTMPT juga sudah mengantisipasi terjadinya kendala teknis seperti mati lampu maupun server down. LTMPT sudah bekerja sama dengan PLN pusat. Mereka sudah berkoordinasi dengan masing-masing pusat UTBK wilayah. Kemudian, LTMPT menggunakan 395 server dan setiap pusat UTBK memiliki server lokal.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : ayu/c7/git

Saksikan video menarik berikut ini: