alexametrics

Varian Baru Covid-19 Masuk ke Jatim, Berasal dari PMI yang Pulang

18 Mei 2021, 12:13:13 WIB

JawaPos.com – Virus korona varian baru akhirnya masuk ke Jatim. Temuan itu muncul dari hasil skrining yang dilakukan satgas Covid-19 terhadap para pekerja migran Indonesia (PMI) yang tiba.

Tiga PMI dinyatakan terpapar virus varian baru itu. Dua di antaranya terjangkit varian B.1.17 UK Strain. Yakni, PMI asal Mojokerto dan Jember. Sementara itu, satu PMI asal Sampang terpapar virus varian B.1.1351 Strain dari Afrika Selatan. ”Saat ini (para PMI yang terpapar virus varian baru, Red) sedang menjalani perawatan,” kata Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

Hingga Senin (17/5), jumlah PMI asal Jatim yang sudah masuk ke provinsi ini mencapai 8.754 orang. Mayoritas melalui Bandara Internasional Juanda. Sejauh ini, total ada 78 orang yang dinyatakan positif Covid-19.

Selain itu, selama pelaksanaan skrining pada masa Lebaran, satgas Covid-19 menemukan 38 orang yang kedapatan mudik dinyatakan reaktif saat menjalani rapid test antigen di posko kesehatan di berbagai daerah.

Temuan-temuan itulah yang mendapat atensi dari Khofifah bersama jajaran Forkopimda Jatim. Orang nomor satu di Jatim itu menginstruksikan pengetatan dan pengawasan terhadap arus masuk kendaraan tetap dilakukan. Meski, layanan transportasi mulai dibuka lagi.

Khofifah juga meminta perangkat skrining harus tersedia. Dia menginstruksi tim di lapangan memastikan alat rapid test antigen dan GeNose cukup. ”Perangkat itu untuk mengetahui kondisi pengendara yang masuk ke Jawa Timur,” katanya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : riq/c7/ris

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads