alexametrics

Persoalan Surat Ijo, Pemkot Surabaya Serahkan ke Pemerintah Pusat

18 Mei 2021, 11:30:46 WIB

JawaPos.com–Wakil Wali Kota Surabaya Armuji menyatakan, persoalan pembebasan surat ijo sebagaimana permintaan dari warga yang tergabung Perkumpulan Penghuni Tanah Surat Ijo Surabaya (PPTSIS) sudah diserahkan ke pemerintah pusat.

Menurut Armuji, pihaknya sudah menjelaskan upaya pemkot selama ini terkait surat ijo kepada PPTSIS yang mendesak penghapusan pajak ganda sekaligus pelepasan surat ijo karena aset negara itu bebas.

”Kemarin (17/5), saya sudah jelaskan ke mereka (PPTSIS) saat di Komisi B DPRD Surabaya bahwa Pemkot Surabaya sudah menyerahkan semua dokumen surat ijo kepada Kementerian ATR BPN,” kata Armuji seperti dilansir dari Antara, Selasa (18/5).

Dia menjelaskan, pada 2019, Pemkot Surabaya telah mengirim surat terkait penyelesaian Izin Pemakaian Tanah (IPT) atau yang disebut Surat Ijo. Pada Februari 2021, Pemkot Surabaya bersurat kembali ke pemerintah pusat. Bahkan April 2021, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi diundang untuk bertemu dengan Kementerian ATR BTN dan pihak terkait lain untuk menyelesaikan permasalahan Surat Ijo tersebut.

”Pemkot Surabaya akan mengikuti apapun keputusan dari pemerintah pusat terkait surat ijo itu nantinya dilepas, dihapuskan retribusinya, atau kebijakan lainnya. Pemkot mematuhi kebijakan pemerintah pusat,” papar Armuji.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads