alexametrics

Stok Vaksin Booster Habis, Pemkot Surabaya Dapat 106 Ribu dari Pemprov

18 Januari 2022, 20:36:08 WIB

JawaPos.com–Hari ini (18/1), Pemerintah Kota Surabaya mendapat tambahan vaksin sebanyak 106.000 dosis dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Tambahan vaksin itu dilakukan karena stok vaksin booster Surabaya kosong sejak Sabtu (15/1).

Rencananya, 106.000 vaksin itu akan diberikan kepada lansia. Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Nanik Sukristina mengatakan, pihaknya mengacu pada pedoman dari kementerian kesehatan mengutamakan vaksinasi untuk lansia.

”Sesuai dengan surat edaran dari kemenkes bahwa vaksin booster diprioritaskan untuk lansia. Jadi vaksin booster (memang sempat kosong) karena memang keterbatasan stok kita,” kata Nanik pada Selasa (18/1).

Nanik meluruskan kabar yang beredar bahwa vaksin Booster tidak diberikan tiap hari. Selain karena stok vaksin booster yang sedang kosong, tidak semua jenis bisa digunakan untuk booster.

”Nggak semua jenis vaksin bisa diberikan untuk booster. Untuk penerima Sinovac pada dosis pertama dan kedua, dapat setengah dosis AstraZeneca. Untuk penerima AstraZeneca dosis pertama dan kedua, dapat setengah dosis Pfizer,” jelas Nanik.

Karena itu, bila Kota Surabaya menerima vaksin jenis Sinovac, akan dialihkan untuk penerima vaksin anak 6–11 tahun.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads