alexametrics

Stok Habis, Vaksinasi Booster di Sejumlah Puskemas Surabaya Terhenti

18 Januari 2022, 18:39:36 WIB

JawaPos.com- Pelaksanaan vaksinasi booster bagi lansia menemui kendala teknis. Stok vaksin dosis ketiga itu habis sejak pekan lalu. Akibatnya, kegiatan suntik vaksin di sejumlah puskesmas pun terhenti.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjelaskan, pemkot masih menunggu distribusi vaksin booster dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Vaksin tersebut disalurkan melalui Pemprov Jatim. Tiga jenis vaksin booster yang dipakai adalah Pfizer, Moderna, dan AstraZeneca. Dia pun meminta warga untuk bersabar.

”Stok sudah habis karena untuk booster hanya bisa tiga jenis vaksin itu,” kata Eri kemarin (17/1).

Target vaksinasi booster untuk lansia ber-KTP Surabaya mencapai 80.747 orang. Vaksinasi dilakukan bertahap sejak 12 Januari lalu. Sejauh ini, cakupannya sudah mencapai 15.288 lansia atau sekitar 6,07 persen dari total sasaran.

Pelaksanaan vaksinasi booster untuk masyarakat umum masih menunggu surat edaran resmi dan petunjuk teknis dari Kemenkes. ”Prinsipnya, kita masih menunggu dari pusat,” imbuh Eri.

Di luar vaksin booster lansia, stok vaksin untuk imunisasi dosis I dan II masih tersedia. Sejumlah puskesmas juga masih menyelenggarakan suntikan pertama dan kedua. Jenis vaksin yang dipakai adalah Sinovac. Dari data Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya, stok vaksin Sinovac sekitar 11.000 dosis.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : mar/c7/aph

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads