alexametrics

Haidar Dhanu, Bocah 2 Tahun Asal Sidoarjo yang Alami Kelainan Anus

Pemkab Bantu Biaya Operasi dan Pendampingan
18 Januari 2022, 20:35:34 WIB

JawaPos.com- Kabar tentang kelainan yang mendera balita asal Ketegan, Kecamatan Tanggulangin, Muhammad Haidar Dhanu Abrisam, sampai ke telinga Wabup Sidoarjo Subandi. Kemarin (17/1), dia mengunjungi rumah balita yang anusnya tidak terbentuk sempurna (anus imperforata)

Anak pasangan Hafid Nurussoba dan Nurul Hidayati itu mengalami kelainan sejak lahir. Dhanu tidak buang air besar lewat anus. Karena itu, dokter membuat lubang untuk buang air besar di perut bocah berusia 2 tahun tersebut. Operasi itu dilaksanakan di RSUD dr Soetomo Surabaya segera, setelah dokter mengetahui bahwa Dhanu tak memiliki anus.

Karena sudah mendapat penanganan awal tersebut, kini Dhanu terlihat layaknya anak normal lainnya. ”Ya main, tidak pernah sakit juga, normal seperti anak umumnya. Malah sekarang sudah tidak perlu kontrol ke rumah sakit,’’ jelas Nurul.

Hanya, jika baju bocah kelahiran 10 Januari 2020 itu dibuka, tampaklah perban tempat dia buang air besar. Sampai saat ini anaknya tidak mengalami gejala apa pun. Dhanu juga makan seperti anak pada umumnya. ”Bukan bubur, ya nasi biasa. Hanya, kadang makannya sedikit-sedikit,’’ jelas Nurul.

Sejak buang air lewat lubang di perut pun, Nurul menyebut tidak ada masalah.

Mendengar cerita dari Nurul, Wabup menyatakan, pemkan akan menanggung BPJS Kesehatan milik Dhanu. Selama ini, ternyata Nurul dan anaknya adalah peserta mandiri. Subandi juga meminta agar Dhanu bisa segera menjalani operasi anus.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : uzi/c6/any

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads