alexametrics

Pasar Beras Bendul Merisi Kobong, 10 Mobil Ludes

17 November 2019, 13:32:57 WIB

JawaPos.com – Kepulan asap disertai ledakan terjadi di Pasar Beras Bendul Merisi, Sabtu (16/11). Bahkan, teriknya matahari juga membuat si jago merah kian berkobar dan melahap sebagian bangunan pasar. Termasuk 10 mobil yang terparkir di dalam stan.

Kebakaran di Pasar Beras Bendul Merisi terjadi pukul 10.30. Awalnya, api hanya berada di sisi barat atau luar pasar. Diperkirakan dari sampah yang dibakar. Tidak lama kemudian, kobaran api merambat ke dalam pasar dengan cepat. Masyarakat panik.

Pedagang dan warga berteriak minta tolong. Banyak juga yang berupaya memadamkan api dengan menggunakan peralatan seadanya. ’’Wes panik kabeh pokoe,’’ kata Jumiran, salah satu petugas keamanan dan ketertiban Pasar Beras Bendul Merisi.

Menurut dia, saat itu kondisi pasar cukup ramai. Melihat asap membubung serta api yang berkobar, pedagang berhamburan keluar. Saat itu juga beberapa warga sekitar memadamkan api. Sayang, konstruksi bangunan yang terbuat dari kayu membuat api kian membesar. Ditambah lagi cuaca panas serta angin yang cukup kencang membuat si jago merah semakin menyala.

Sementara itu, Sumarno, salah seorang saksi mata, mengungkapkan bahwa peristiwa tersebut bermula dari api di luar tembok pasar. Tepatnya di sekitar rel kereta api. Bahkan, dia meminta tolong kepada warga untuk memadamkan api.

Beruntung, saat kejadian angin tidak berembus ke utara. Sebab, di sana terdapat 40 stan pedagang yang masih melakukan aktivitas jual beli. ’’Untungnya tak merembet atau meluas,’’ ucap Direktur Teknik dan Usaha PD Pasar Surya Muhibuddin di tempat kejadian kemarin.

PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS PEMADAMAN: Mobil skylift turut diterjunkan untuk memadamkan api yang membakar Pasar Beras Bendul Merisi kemarin (16/11). Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. (Puguh Sujiatmiko/Jawa Pos)

Muhibuddin menuturkan, sisi selatan yang terbakar sebenarnya merupakan deretan stan pasar. Hanya, lokasi tersebut dipakai tempat bongkar muat barang. Lapak pedagang terletak di sisi selatan.

Abdul Mukti, salah seorang pemilik stan, mengatakan bahwa stan yang dimiliki bisa menampung 17 mobil. Namun, hanya ada 12 mobil yang dititipkan di dalam stan pada saat kejadian kemarin. Dua mobil berhasil dikeluarkan. ’’Jadi, 10 mobil tidak bisa diselamatkan,’’ paparnya.

Kepala Pemadam Kebakaran (PMK) Kota Surabaya Dedik Irianto mengatakan, dalam peristiwa itu, ada 10 unit mobil warga yang terbakar. Beberapa stan seperti warung kopi dan kios jamu juga terbakar. Termasuk satu musala yang ikut terimbas.

Dia menuturkan, mobil sky lift juga diturunkan ke lokasi untuk memaksimalkan pemadaman. Kemarin 19 mobil PM dilibatkan dalam pemadaman.

Setelah satu jam, kobaran api berhasil dipadamkan. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Apa Saja Yang Terbakar ?

  • Stan tempat parkir mobil
  • 10 mobil
  • Kios jamu
  • 2 warung kopi
  • Warung makan
  • Stan potong rambut
  • Musala

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : omy/c15/git



Close Ads