alexametrics

Atasi Kelangkaan Solar di Surabaya, Pertamina Prioritaskan ke 11 SPBU

17 November 2019, 20:19:52 WIB

JawaPos.com – Keluhan pengusaha angkutan di Surabaya mengenai kesulitan mendapat solar bersubsidi diatasi Pertamina. BUMN tersebut akan memprioritaskan pengiriman BBM ke SPBU-SPBU yang antrean truknya mengular. Terutama tempat pengisian bahan bakar yang berdekatan dengan Pelabuhan Tanjung Perak.

Unit Manager Communication and CSR Pertamina MOR V Rustam Aji menjelaskan bahwa instansinya telah memetakan SPBU di Surabaya yang antreannya panjang. Ada sebelas SPBU. ’’Kami mengupayakan pengiriman solar lebih pagi ke SPBU-SPBU tersebut. Tentu, harapannya tidak ada antrean lagi,” katanya.

Ditanya soal adanya upaya penambahan pasokan, pria tersebut belum menjawab secara detail. ’’Penambahan pasokan bisa saja dilakukan jika diperlukan. Yang pasti, kami kirim lebih awal ke sebelas SPBU,’’ jelasnya.

Rustam menuturkan bahwa instansinya tak tinggal diam setelah mendengar keluhan pengusaha angkutan. Selain mengirim pasokan lebih awal, ada petugas Pertamina yang melakukan monitoring. Mereka memantau proses distribusi BBM dari kilang ke SPBU.

Tentu, harapannya, penyaluran BBM tersebut tepat sasaran. Sebab, hingga kini, masih banyak kalangan mampu yang memanfaatkan solar bersubsidi. Hal itu menyalahi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014. ’’Kami hanya menyalurkan. Yang bertugas mengawasi pemerintah,’’ tuturnya.

Kadishub Jatim Fattah Jasin mengungkapkan, kelangkaan solar memang dikeluhkan pengusaha angkutan. Dishub telah melakukan survei setelah menerima keluhan dari pemilik kendaraan. ’’Memang ada pengurangan pasokan solar ke Surabaya. Tapi, kami sudah berkoordinasi dengan Pertamina,’’ ucapnya.

Lantas, bagaimana dengan dampak perekonomian akibat kelangkaan solar? Fattah mengakui bahwa sulitnya mencari solar memengaruhi distribusi barang dari Surabaya. Ada keterlambatan pengiriman sembako ke daerah lainnya. ’’Tapi, tidak sampai fatal. Masih bisa diatasi,’’ katanya.

Dari pengamatan Jawa Pos kemarin, masih ada sejumlah antrean di SPBU. Salah satunya, SPBU Jalan Ikan Dorang. Hanya, deretan truk tak seperti hari-hari sebelumnya.

Kasatlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Ayip Rizal mengatakan bahwa rekayasa lalu lintas di sejumlah titik jalan nasional di Surabaya terus dilakukan untuk mencegah kemacetan. Antara lain, Jalan Jakarta, Kalianak, Margomulyo, Greges, Gresik, Demak, dan Perak Barat.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : hen/ian/c20/git



Close Ads