alexametrics

Jatim Siap jadi Tuan Rumah Konferensi Internasional Ikatan Al-Azhar

17 Oktober 2021, 15:17:54 WIB

JawaPos.com – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengaku siap bila Jatim menjadi tuan rumah perhelatan Konferensi Internasional Ikatan Al-Azhar Indonesia. Kesanggupan itu diungkapkan di hadapan alumnus Universitas Al-Azhar Mesir se-Jatim di Institut Kyai Haji Chalim, Mojokerto, Minggu (17/10).

“Jatim siap jadi tuan rumah konferensi internasional ikatan Al-Azhar Indonesia. Perhelatan ini akan diselenggarakan berbasis pesantren,” janjinya.

Dalam acara itu, Ketua Internasional Alumnus Al-Azhar Indonesia (IAAI) dilantik. Untuk itu, Khofifah meminta para alumnus untuk bergerak bersama membangun dan membantu Pemerintah Provinsi Jawa Timur serta warga.

“Acara ini sebagai bentuk interaksi dengan organisasi alumni Al-Azhar. Mudah-mudahan bisa dibuat plan bagaimana berseiring saling membangun tawassul diantara seluruh warga,” beber dia.

Mantan Menteri Sosial (Mensos) ini berharap, kedatangan Grand Syaikh Al-Azhar, Ahmad Muhammad Ath-Thayeb akan membawa keberkahan bagi Jawa Timur.

“Dari organisasi internasional alumni Al-Azhar Indonesia cabang Jatim ini, kita dapat takzizul wasabiyah atau pengukuhan moderasi,” tuturnya.

Pengukuhan moderasi menurut Grand Syaikh Al-Azhar, akan ditekankan di Indonesia melalui alumnus Al-Azhar. Sebab Indonesia memiliki keberagaman wilayah, budaya dan bahasa.

“Indonesia sebagai wilayah dengan keberagaman, pengukuhan moderasi ini penting. Dengan pengukuhan organisasi, bisa memberi penguatan peran masyarakat dan pendidikan setinggi-tingginya,” tegas dia.

Khofifah berterimakasih atas doa alim ulama di Jatim. Sebab, Khofifah bercerita bahwa dirinya sempat mendapat pertanyaan dari presiden RI Joko Widodo tentang cara Jatim melandaikan kasus Covid-19.

“Pak Jokowi ditanyai Joe Biden (presiden Amerika Serikat) gimana Covid-19 di Indonesia melandai. Gimana Jatim turun terus? Saya bilang dari kerja keras, sinergi dan profesionalisme,” ulangnya.

Editor : Kuswandi

Reporter : rafika




Close Ads