alexametrics
The 8th K-UKM Expo

K-UKM Expo 2021 Hadirkan Produk Unggulan Se-Jatim

Dibuka hingga 19 September 2021
17 September 2021, 11:30:21 WIB

JawaPos.com – Pameran K-UKM Expo 2021 resmi dibuka pada Rabu (15/9) di Atrium Grand City, Surabaya. Event yang diselenggarakan PT Amara Satu Raya (One Event) itu berlangsung hingga Minggu (19/9). Pada opening ceremony, turut hadir Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa serta Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jatim Mas Purnomo Hadi.

Mengusung tema Semangat Gotong Royong dalam Menyambut Kebangkitan K-UKM serta Mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, K-UKM Expo ke-8 itu dilaksanakan secara hybrid dengan konsep offline dan online. Protokol kesehatan diterapkan secara ketat.

Untuk online dapat diakses lewat aplikasi marketplace dan website K-UKM Expo 2021 di link www.kukmexpo.com.

Dalam sambutannya, Khofifah menyebut K-UKM Expo sebagai langkah nyata Pemprov Jatim untuk mendukungprogram pemerintah pusat dalam pemulihan ekonomi dan kebangkitanekonomi nasional melalui kolaborasi koperasi dan UKM. Terlebih, UKM berperan penting dalam perekonomian daerah. Kontribusi UKM terhadap produk domestik regional bruto (PDRB) Jatim bahkan mencapai 57,25 persen.

’’Ekonomi sudah mulai bergerak. Semester I tahun ini,ekonomi Jatim tumbuh 7,05 persen. Semoga ekonomi di triwulan keempat akan terus naik. Pameran ini juga memberikan kesempatan bagi pelaku usaha untuk meningkatkan produktivitasnya kembali,’’ ujar Khofifah.

Ekonomi yang mulai bergerak menjadi penanda untuk melangsungkanberbagai kegiatan atau program percepatan pemulihan ekonomi. Salah satunya lewatpartnership antarlembaga. ’’Di pameran ini ada UKM, lembaga permodalan, Himbara, Pegadaian, hingga BUMD. Selain ajang untuk memasarkan produk, ini juga menjadi angin segar bagi pelaku usaha atau UKM untuk menjalin kerja sama melebarkan usahanya,’’paparnya.

Khofifah menegaskan,pameran itu dilaksanakan dengan penuh kehati-hatian. Meski Jatim pada 13 September lalu dinyatakan sebagai daerah kategori level 2oleh Kementerian Kesehatan, Khofifah terus mengingatkan warga agar tetap waspada.

Sementara itu, dalam sambutannya, Mas Purnomo mengakumelihat semangat seluruh peserta untuk terus produktif di tengah keterbatasan keadaan.

’’Meski pandemi, semangatberbagai pihak dalam pelaksanaan pameran sangat tinggi. Terbukti, pesertanya cukup banyak. Yakni, 90 peserta yang terdiri atas UKM dari seluruh Jawa Timur, perbankan, e-commerce, hingga asosiasi se-Jatim,’’ ucapnya.

Acara itu juga menjadi bagian dari rangkaian HUT Ke-76 Provinsi Jawa Timur.

“Meski tidak bisa dilakukan secara cepat, pemulihan ekonomi akan diupayakan secara bertahap. Semoga UKM mampu menjadi pendongkrak kebangkitan ekonomi bangsa yang berlandaskan ekonomi kerakyatan,” imbuhnya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : ARM

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads