alexametrics

Tidak Miliki SLF, Ratusan Gedung di Surabaya Sudah Dapat Surat Teguran

17 Mei 2022, 17:31:40 WIB

JawaPos.com- Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPRKPP) Surabaya melayangkan sanksi tegas pada bangunan yang belum mengantongi sertifikat laik fungsi (SLF). Seluruh gedung yang belum memenuhi standar keamanan itu diberi surat teguran. Pemilik bangunan diminta segera mengurus SLF.

Kepala DPRKPP Surabaya Irvan Wahyudrajad menyampaikan, evaluasi bangunan yang belum memiliki SLF dilakukan sejak awal tahun. Tujuannya, mendata jumlah gedung yang sudah layak dan belum layak beroperasi. ”Banyak bangunan yang belum mengantongi SLF. Baik gedung yang di atas delapan lantai maupun kategori gedung lain,” terangnya.

Berdasar data dari DPRKPP Surabaya, ada 181 bangunan dengan tinggi di atas delapan lantai yang mengajukan pengurusan SLF. Dari jumlah itu, sebanyak 49 bangunan sudah mengantongi SLF. Gedung tersebut dipastikan layak beroperasi.

Bangunan yang belum memiliki SLF mendapatkan sanksi berupa surat teguran. Irvan mengatakan, sudah 155 gedung yang menerima surat teguran. Sedangkan 13 gedung mendapat surat peringatan.

Jika tiga kali teguran dan peringatan tetap diabaikan, pemilik bangunan harus bersiap menerima hukuman lain. ”Sanksinya penertiban, kami melibatkan satpol PP sebagai OPD penegak perda,” ucapnya.

Pemberian sanksi SLF diatur dalam Perwali 38/2019. Peringatan tertulis disampaikan dalam jangka waktu 7 hari kalender sebanyak 3 kali berturut-turut. Kemudian, tahap berikutnya penghentian sementara kegiatan dan/atau pembekuan SLF.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : gal/eza/c7/aph

Saksikan video menarik berikut ini: