alexametrics

Potensi Pajak Air Tanah dari Industri di Gresik Masih Besar

17 Mei 2022, 22:14:30 WIB

JawaPos.com – Banyaknya industri di Gresik berimbas positif terhadap pendapatan daerah dari sektor pajak. Namun, sejauh ini hal tersebut belum dioptimalkan secara maksimal. Salah satunya, pajak air tanah.

Berkaca pada 2021, pendapatan pajak dari air tanah itu memang melampaui target. Dari target yang ditentukan sebesar Rp 1,2 miliar, tercapai Rp 1,25 miliar atau 104,64 persen. Meski demikian, potensi pajak dari sektor tersebut masih besar. Sebab, banyak pengguna air tanah itu yang belum mengurus perizinan.

Kepala Bidang (Kabid) Anggaran Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Pemkab Gresik Herawan Eka Kusuma menyatakan, ada beberapa jenis pajak yang akan dioptimalkan sepanjang 2022. Terutama pajak mengenai pengambilan sumber daya alam. Salah satunya, pajak air tanah itu.

Menurut dia, industri di Gresik tergolong banyak. Berdasar riset, pengoperasian industri itu tidak hanya memakai air dari Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Giri Tirta. Herawan memastikan, penggunaan air tanah itu mayoritas digunakan di Gresik.

Namun, selama ini, setoran pajak yang masuk ke pemerintah masih relatif rendah. Artinya, masih banyak sasaran yang belum terambil pungutan pajaknya dari air tanah tersebut.

Untuk memaksimalkan itu, pihaknya akan membuat konsepnya dalam waktu dekat. Apalagi, beberapa waktu lalu, Pemprov Jawa Timur sudah melakukan sosialisasi kepada para sasaran wajib pajak air tanah.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : son/c12/diq

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads