alexametrics

Ini Kiat Petugas untuk Mengatasi Macet Jalan Margomulyo Surabaya

17 Mei 2022, 09:13:34 WIB

JawaPos.com- Kepolisian bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya membuat kebijakan untuk mengatasi kemacetan Jalan Margomulyo. Pengguna akses U-turn (putar balikan) dibatasi. Pemkot meminta bantuan pemerintah pusat untuk melakukan betonisasi.

Aturan terkait dengan akses putar balikan saat ini sudah diterapkan. Terutama untuk U-turn di sisi utara. Akses putar balikan saat ini hanya diperuntukkan untuk pengendara yang melaju ke arah utara dan putar balik ke selatan. Itu berbeda dengan sebelumnya yang bisa dimanfaatkan dua arah sekaligus.

Kasatlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Eko Adi Wibowo menjelaskan bahwa penerapan aturan sudah melalui kajian. Sosialisasi juga dilakukan agar pengendara tak bingung. ’’Tujuannya, mengurai kemacetan,’’ kata Eko.

Dia menyatakan bahwa persoalan Jalan Margomulyo cukup banyak. Diskusi antarinstansi dalam forum lalu lintas akan digelar lagi dalam waktu dekat. ’’Minggu depan akan berkumpul lagi untuk evaluasi,’’ tambah Eko.

Saat ini persoalan Jalan Margomulyo memang bukan hanya masalah kemacetan, melainkan juga intensitas kerusakan yang cukup tinggi. Pemkot Surabaya telah meminta bantuan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jatim-Bali untuk melakukan betonisasi.

Terkait dengan itu, Kabid Preservasi dan Peralatan BBPJN Jatim-Bali Sodeli menyatakan bahwa Jalan Margomulyo masih berstatus jalan kota. Karena itu, BBPJN tak bisa langsung turun untuk menangani permasalahan. Diperlukan persetujuan dari pemerintah pusat untuk memasang beton.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : hen/c12/ady

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads