alexametrics

Hari Ini Ratusan Ribu Pelajar Lulusan SMA Berebut Kursi PTN

Jalani UTBK-SBMPTN Gelombang I
17 Mei 2022, 05:00:08 WIB

JawaPos.com- Hari ini (17/5 ) ratusan ribu pelajar lulusan SMA/SMK/MA menjemput masa depan. Berebut dapat masuk ke kampus atau perguruan tinggi negeri (PTN). Yakni, melalui jalur tes ujian tulis berbasis komputer (UTBK). Saling beradu strategi dan kepintaran. Maklum, kursi kampus negeri terbatas. Pendaftar membeludak.

Pendaftar UTBK-SBMPTN 2022 meningkat dibandingkan dengan tahun 2021. Data dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), pada 2022 ini total pendaftar UTBK-SBMPTN mencapai 800.852 peserta. Angka itu meningkat dibandingkan pendaftar tahun lalu, yang 777.858 peserta. Ada kenaikan sebanyak 22.009 peserta. Persaingan pun makin ketat.

Sejumlah kampus pelaksana UTBK di Surabaya pun sudah siap menyambut para peserta. Di antaranya kampus Universitas Airlangga (Unair), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur. Puluhan ribu peserta dari berbagai daerah datang ke Kota Pahlawan.

Pelaksanaa Kampus Unair

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Unair Prof drh Bambang Sektiari Lukiswanto mengatakan, sejak dua hari sebelum pelaksanaan UTBK, para peserta sudah meninjau lokasi gedung ujian.

Mereka juga wajib mengikuti peraturan pelaksanaan UTBK yang sudah ditetapkan penyelenggara. ’’Peserta hanya mendapatkan batas keterlambatan 30 menit dari jam pelaksanaan UTBK,” katanya kepada Jawa Pos, Senin (16/5).

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : ayu/dya/c7/c12/ai/ady

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads