alexametrics

Festival Rujak Uleg Surabaya Dipusatkan di Jalan Kembang Jepun

17 Mei 2022, 21:27:28 WIB

JawaPos.com- Sejumlah acara bakal digelar untuk meramaikan HUT Ke-729 Surabaya. Selain event olahraga, Pemkot Surabaya akan kembali mengadakan Festival Rujak Uleg (FRU). Tradisi yang digelar sejak 2007 itu menjadi alat untuk mempromosikan wisata kota tua.

FRU rencananya diadakan Minggu (22/5). Sama seperti sebelumnya, kegiatan tersebut dipusatkan di Jalan Kembang Jepun. Tercatat ada 700 peserta yang akan turut mengulek sambal. Mereka berasal dari perwakilan kelurahan di Surabaya.

Kasi Trantibbang Kelurahan Bongkaran Subiakto mengatakan bahwa FRU sempat absen akibat pandemi. Karena itu, rasa kangen masyarakat untuk melihat festival tersebut cukup besar. ’’Selain peserta, kami memprediksi ada banyak orang yang menonton,” kata Subiakto.

Tidak hanya proses membuat rujak. Dia menjelaskan bahwa ada sejumlah hiburan yang akan digelar untuk meramaikan acara. ’’Yang pasti acaranya seru,” ujar Subiakto.

Terkait persiapan acara, dia mengatakan bahwa sejumlah upaya sudah dilakukan kelurahan dan kecamatan. Jalan Kembang Jepun akan disterilkan selama acara. Selama kegiatan berlangsung, PKL dilarang berjualan di lokasi acara.

Menurut Subiakto, sosialisasi tidak hanya dilakukan kepada PKL, tapi juga pemilik pertokoan. Mereka diimbau menjaga kebersihan sebelum pelaksanaan kegiatan.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : hen/c7/ady

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads