alexametrics

Eri Cahyadi Minta Korban Kecelakaan Tol Mojokerto Dirawat di Surabaya

17 Mei 2022, 12:48:39 WIB

JawaPos.com – Musibah kecelakaan yang merenggut korban jiwa dan korban luka-luka warga Benowo mengetuk empati publik. Pemkot Surabaya pun bergerak cepat memberi pertolongan darurat.

Selasa (16/5) Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi langsung mengunjungi para korban yang dirawat di sejumlah rumah sakit. Total ada 19 pasien yang mendapat perawatan intensif. Eri pun berkeliling ke lima rumah sakit tempat para korban dirawat.

Yaitu, RSUD dr Wahidin Sudirohusodo Mojokerto, RS Citra Medika Sidoarjo, RS Petrokimia Gresik, RS Emma Mojokerto, dan RS Gatoel Mojokerto.

Eri yang didampingi istrinya, Rini Indriyani, dan sejumlah pejabat pemkot melihat langsung kondisi para pasien. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD Ridwan Mubarun, salah seorang pejabat yang ikut serta mendampingi wali kota. ”Surabaya sangat berduka dengan musibah ini,’’ kata Eri.

Eri menyampaikan, pihaknya akan mempertimbangkan untuk membawa para pasien ke Surabaya. Salah satu yang jadi pertimbangan adalah kondisi psikis keluarga korban. ”Kasihan keluarga yang harus bolak-balik Mojokerto. Mereka trauma juga. Kami pertimbangkan kondisi psikis keluarga,’’ ujar Eri.

Untuk keperluan itu, pihaknya meminta dokter di Surabaya untuk berkoordinasi dengan petugas medis di lima rumah sakit itu. Meski begitu, pihaknya tidak bisa serta-merta memindahkan lokasi perawatan ke Surabaya.

Tetap melihat kondisi setiap pasien dengan melibatkan tenaga medis. ”Apakah memungkinkan atau tidak (dibawa ke Surabaya, Red). Lihat kondisi luka bagaimana,’’ kata Eri.

Jika memungkinkan, lanjut dia, perawatan akan dipindahkan ke rumah sakit di Surabaya. Perawatan rencananya dilakukan di dua rumah sakit milik pemkot. Yaitu, RSUD dr M. Soewandhie dan RSUD Bakti Dharma Husada (BDH). ’’Jangan sampai justru membahayakan kesehatan pasien kalau dibawa,’’ ujarnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD Surabaya Ridwan Mubarun menyampaikan, pihaknya mengirim 14 ambulans untuk pemulangan jenazah. Artinya, semua jenazah dipulangkan ke rumah duka dengan difasilitasi pemkot. ”Kami kirim ambulans sesuai dengan perintah Pak Wali Kota,’’ ujar Ridwan.

Pihaknya langsung berkoordinasi dengan petugas perkampungan. Pemakaman pun sudah disiapkan oleh petugas kampung dengan bantuan pihak kelurahan dan Kecamatan Benowo. ”Tapi kalau lokasi pemakaman kan bergantung permintaan keluarga. Kami serahkan ke pihak keluarga almarhum,’’ paparnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : mar/c6/git

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads