alexametrics

Enam Napi Lapas Porong Dapat Remisi Waisak

17 Mei 2022, 22:46:03 WIB

JawaPos.com- Hari raya keagamaan bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP) membawa berkah tersendiri. Kemarin (16/5) puluhan narapidana (napi) yang beragama Buddha mendapat remisi. Pengurangan hukuman tersebut diberikan kepada yang memenuhi syarat.

Total, ada 21 WBP di Jawa Timur (Jatim) yang memperoleh pengurangan hukuman. Mereka menerima remisi khusus keagamaan sesuai dengan usulan dari Kanwil Kemenkum HAM Jatim.

Salah satu lembaga pemasyarakatan (lapas) yang banyak WBP-nya diberi diskon hukuman adalah Lapas Kelas I Surabaya. Di lapas yang berada di Kecamatan Porong tersebut, ada enam napi yang memperoleh remisi. Mereka semua masih berada di dalam bui saat ini meski telah mendapat pengurangan hukuman. Sebab, masih ada sisa pidana.

Menurut Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jatim Zaeroji, tidak ada acara khusus dalam penyerahan surat keputusan (SK) remisi Waisak tahun ini. SK diserahkan setiap lapas secara sederhana.

Seluruh warga binaan menerima remisi khusus I Waisak. Artinya, tidak ada yang langsung bebas. Remisi yang diberikan paling rendah 15 hari dan paling lama 2 bulan.

Di antara 21 WBP di Jatim yang memperoleh remisi, 16 orang terlibat kasus narkotika. Sisanya adalah pelaku tindak pidana umum. Mereka semua saat ini menjalani pembinaan di sembilan lapas dan rutan se-Jatim.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : may/c14/any

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads