alexametrics

Eksportir Minyak Goreng Ilegal Berkantor di Rumah Mangkrak

Polisi Temukan Banyak Dokumen Pengiriman
17 Mei 2022, 15:48:14 WIB

JawaPos.com – R dan E, eksportir minyak goreng ilegal dari Pelabuhan Teluk Lamong ke Timor Leste, berkantor di sebuah rumah mangkrak di Jalan Rangkah, Tambaksari. Warga sekitar menganggap rumah itu kosong.

Kabidhumas Polda Jatim Kombespol Dirmanto menyampaikan, penyidik sudah mendatangi kantor tersebut. Tujuannya, mengembangkan penyidikan. ”Warga sekitar kaget saat polisi datang. Mereka mengira rumah itu tidak ditempati ,” ujarnya, Senin (16/5).

Rumah tersebut, lanjut dia, milik orang tua E yang sudah tidak ditempati sekitar dua tahun. E sengaja memakainya sebagai kantor operasional agar aksinya sebagai eksportir minyak goreng ilegal tidak terendus.

Dalam aksinya, para tersangka membuat perusahaan dengan nama CV Bintang Laut Abadi (BLA). Perusahaannya diklaim bergerak di bidang distributor kebutuhan rumah tangga. ”Usaha itu dibuat sejak minyak goreng langka di pasaran,” jelasnya.

Bisnis yang dijalankannya tidak mencolok. R dan E tidak datang ke kantor operasional setiap hari. ”Aktivitasnya dilakukan di lantai 2. Itu juga hanya di salah satu ruangan. Jadi, rumah seolah-olah kosong kalau dilihat dari luar,” katanya.

Kondisi tersebut didukung dengan spanduk yang dipasang di depan rumah. Inti kalimatnya menyebut rumah itu dijual. ”Dari penelusuran penyidik, rencananya memang dijual oleh orang tua E. Tetapi, belum laku,” tuturnya.

Dirmanto menambahkan, rumah itu hanya dijadikan kantor operasional. Bukan gudang penampungan minyak yang akan diekspor. Sebab, para pelaku memakai sistem jual langsung. ’’Minyak dari produsen diborong. Langsung dikirim ke Timor Leste,” terangnya.

Kedua tersangka sudah sering mengekspor minyak goreng secara ilegal. Indikasi itu didasari banyaknya dokumen pengiriman yang ditemukan. ’’Tujuan Timor Leste semua. Untuk tujuan ke negara lain masih didalami,” ungkapnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : edi/c6/eko

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads