alexametrics

Terminal Purabaya bak Kota Mati: Tak Ada Mudik, Tak Ada Arus Balik

17 Mei 2021, 22:04:47 WIB

JawaPos.com – Arus balik tak terjadi di Terminal Purabaya, Surabaya, Minggu (16/5). Di terminal keberangkatan, hanya ada satu–dua armada yang menurunkan penumpang. Tak ada hiruk pikuk penumpang. Terminal bak kota mati.

Suasana itu dirasakan para sopir taksi yang nyanggong di terminal keberangkatan. Yang melompong tanpa armada seonggok pun. Sekalinya ada yang melintas, mereka langsung bergegas menyambut penumpang yang butuh untuk diantar.

”Sepi mas,” ucap Suwono, sopir taksi terminal, kemarin. Selama sepuluh hari narik, dia hanya mengantar tiga penumpang. Pekerjaannya selama dua pekan ini lebih banyak menunggu di terminal daripada mengantar penumpang.

Dari pantauan di lapangan, setidaknya selama satu jam hanya ada lima bus yang melintas. Jurusan Surabaya–Malang dan Surabaya–Bojonegoro. Penumpangnya pun minim. Tak sampai 10 orang. Pada pukul 00.00–14.00, tercatat hanya ada 19 bus yang datang di Terminal Purabaya. Dengan jumlah penumpang 87 orang saja. Jumlah tersebut jauh jika dibandingkan pada hari-hari arus balik sebelum terjadinya pandemi yang mampu mencapai puluhan ribu orang.

Di antara penumpang yang naik adalah Yudi. Pekerja asal Lamongan itu menenteng helm dan ransel bersama seorang kawannya. Dia mudik di kampung selama Lebaran. Kemarin dia berencana balik ke Malang untuk kembali bekerja. ”Karena besok (hari ini, Red) sudah masuk,” tuturnya.

Kasubnit Terminal Purabaya Imam Hidayat menyebutkan, jumlah penumpang kemarin sangat minim. Penyebabnya, mereka masih takut naik bus. Aturan pelarangan mudik memperkuat kondisi sepinya terminal. ”Nggak cocok kalau disebut arus balik. Wong nggak onok penumpang,” ucapnya.

Imam menyebutkan, kalaupun ada kenaikan penumpang, diprediksi terjadi malam ini (17/5). Dengan pertimbangan batas waktu larangan mudik, penumpang akan menunggu momen tersebut untuk naik bus agar tak terkena operasi penertiban di jalan.

Baca Juga: Kongsi Pecah, Bisnis MLM Macet, Modal Rp 3,5 M Hilang

Meski ada potensi kenaikan, Imam menyebutkan bahwa jumlahnya tak akan banyak. Itu bisa dilihat dari jumlah penumpang yang mudik sebelum Lebaran. Yang jumlahnya sangat kecil. Karena tak ada mudik, ya tak ada arus balik.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : elo/c12/ai

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads