alexametrics

Uji Coba PTM di Surabaya setelah Lebaran, Kapasitas Sekolah 25 Persen

17 April 2021, 11:38:24 WIB

JawaPos.com – ’’Surabaya memiliki banyak hutan kota. Seperti di Pakal serta mangrove di Wonorejo. Ayo, siapa yang bisa menyebutkan fungsi hutan kota?’’ ucap Wali Kota Eri Cahyadi di depan puluhan siswa Jumat (16/4).

Sejumlah siswa bergegas mengangkat tangan. Mereka berebut menjawab pertanyaan itu. Salah satunya Utari Fatma. Pelajar kelas IX SMP Giki II itu ditunjuk Eri untuk menjawab. ’’Sebagai cadangan oksigen,’’ ucapnya.

Fatma mendapatkan dua jempol dari Eri. Tanda jawaban yang disampaikan itu benar. Kemudian, pria 43 tahun tersebut meminta jawaban lain. Raditya Wardhana mendapatkan giliran selanjutnya. Pelajar SMPN 19 itu menjelaskan, hutan kota menyediakan pemandangan alam yang indah. ’’Bisa dijadikan tempat wisata,’’ tuturnya.

Mendengar jawaban Raditya, Eri memberikan tepuk tangan. Namun, ada satu fungsi hutan kota yang belum disebutkan. Yang paling penting. Yaitu, sebagai serapan air. Dia mencontohkan, mangrove mampu menjadi penahan dari gelombang pasang. ’’Sehingga Surabaya tidak banjir,’’ jelasnya.

Ya, kemarin 20 siswa SMP negeri dan swasta berkumpul di SMPN 1 Surabaya. Mereka mengikuti simulasi pembelajaran tatap muka. Kegiatan itu bertajuk Sinau Bareng Pak Wali.

Dalam kegiatan tersebut, Eri didapuk sebagai guru. Mantan kepala bappeko itu mengajar selama satu jam. Materi yang disampaikan seputar potensi Kota Pahlawan. Mulai dari kekayakan alam, metropolis memiliki banyak hutan kota. Untuk sumber daya alam nonhayati, dia menyebutkan kawasan industri. Misalnya, di Rungkut. Sementara itu, pengembangan kawasan permukiman terletak di Kecamatan Sambikerep.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : aph/c6/git

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads