alexametrics

Hari Ini Batas Akhir Izin Pembelajaran Tatap Muka Sekolah di Gresik

Bupati Yani Minta Ada Penyesuaian Perbup
17 April 2021, 12:48:54 WIB

JawaPos.com – Hari ini (17/4) adalah batas akhir (deadline) sekolah mengajukan izin pembelajaran tatap muka (PTM) ke dinas pendidikan (dispendik). Sebab, Senin lusa (19/4) PTM bisa dimulai setelah lebih dari setahun belajar di rumah secara daring. Namun, khusus anak-anak TK-PAUD masih dilarang PTM.

Jumat (16/4) Bupati Fandi Akhmad Yani bersama jajaran forkopimda menggelar rapat untuk memantapkan rencana pelaksanaan PTM tersebut. Termasuk menyempurnakan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 50 Tahun 2020 tentang PTM. Sebab, ada poin-poin di perbup yang mesti disesuaikan.

Beberapa poin itu, antara lain, ketentuan siswa berangkat ke sekolah. Di Perbup 50/2020, ada larangan naik kendaraan umum. Selain itu, guru dari luar Gresik untuk sementara dilarang mengajar. Tujuannya, mengantisipasi persebaran Covid-19. Nah, dalam pertemuan kemarin, bupati meminta masukan dari peserta rapat agar aturan tersebut disesuaikan dengan kondisi saat ini.

’’Pengaturan jam belajar, kapasitas murid, serta durasi pembelajaran setiap minggu juga dipastikan. Selain itu, yang tak kalah penting adalah izin atau pernyataan tertulis dari orang tua murid maupun pihak komite sekolah,” kata Yani.

Dalam kesempatan itu, bupati juga mendapat laporan dari dispendik bahwa masih ada sekolah yang belum siap melengkapi sarana-prasarana untuk PTM. Karena itu, pihaknya meminta dispendik melakukan pendampingan hingga sekolah bersangkutan bisa secepatnya ikut melaksanakan PTM.

Seperti diberitakan kemarin, sudah banyak sekolah yang antre untuk mendapatkan izin PTM dari dispendik. Setidaknya ada 500 sekolah jenjang SD, SMP, dan SMA yang telah mengajukan permohonan. Baik negeri maupun swasta. Namun, untuk mendapatkan izin itu, ada beberapa persyaratan. Di antaranya, mempunyai panduan pelaksanaan PTM, daftar periksa kesiapan di laman dapodik, sarana-prasarana pendukung protokol kesehatan, MoU dengan fasilitas kesehatan terdekat, hingga persetujuan komite sekolah.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : son/yog/c7/hud

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads