Dinkes DKI Akui Vaksinasi Lansia Terkendala Banyak yang Belum Peduli

17 April 2021, 03:33:35 WIB

JawaPos.com–Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengakui vaksinasi Covid-19 bagi warga lanjut usia (lansia) saat ini baru mencapai 60 persen. Hal itu akibat terkendala banyaknya warga lansia yang belum peduli.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengungkapkan, pada awal vaksinasi lansia dilakukan, antusiasme sangat tinggi. Sehingga, terbilang cepat mencapai vaksinasi 40 persen warga lansia. Namun, kini masih terdapat sisa target sasaran yang belum divaksin termasuk mereka yang tak antusias divaksin.

”Lansia saat ini sudah tervaksin sekitar 60,4 persen. Masih banyak pekerjaan rumah, masih banyak yang belum berkenan. Awalnya kami cepat sampai angka 40 persen. Begitu sudah 50–60 persen sekarang agak sulit. Artinya lansia yang betul-betul peduli dan berkenan divaksin sudah selesai di periode sebelumnya,” ujar Widyastuti seperti dilansir dari Antara di Jakarta.

Hal itu, kata Widyastuti, salah satunya karena beragamnya masyarakat Jakarta mulai dari kultur, tingkat pendidikan, kemampuan ekonomi, dan lain sebagainya. Sehingga, ketika gelombang awal lansia yang mendaftar cenderung pro aktif mendaftar dalam format digital dan undangan ke faskes secara digital. Sisa target lansia kebanyakan adalah mereka yang kurang familiar dengan teknologi, sampai yang enggan melakukan vaksin di lokasi yang jauh meski telah difasilitasi dengan sistem antar jemput menggunakan bus sekolah ke fasilitas kesehatan.

”Pada awal program lansia itu, lansia segmen tertentu daftar secara digital dan dijadwalkan secara digital, tapi semakin ke sini ada kelompok yang kurang familiar dengan format digital sehingga tidak berkenan vaksinasi dilakukan di tempat yang jauh dari tempat tinggal,” kata Widyastuti.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads