alexametrics

Vaksinasi Booster di Sidoarjo untuk Sementara Menyasar Lansia

17 Januari 2022, 13:15:37 WIB

JawaPos.com- Program booster vaksin Covid-19 telah dimulai sejak pekan lalu. Prioritas yang disasar kelompok lansia. Namun, di Sidoarjo, belum semua lansia layak mendapat suntikan vaksin dosis ketiga tersebut. Sebab, hanya 60 persen yang sudah mendapat dua dosis vaksin.

Dari jumlah itu pun, sebagian lansia mendapat dosis kedua, kurang dari 6 bulan. Padahal, syarat mendapat booster adalah orang bersangkutan mendapat vaksin kedua sudah lebih dari 6 bulan.

’’Bagi yang belum enam bulan harus menunggu dulu. Semua bakal mendapatkan booster,’’ kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sidoarjo drg Syaf Satriawarman SpPros.

Namun, pelaksanaan vaksin booster tersebut prosesnya tidak serentak. Bertahap, bergantung ketersediaan vaksin. Saat ini, pihak dinkes masih menunggu pengiriman vaksin untuk booster. Rencananya, vaksin datang kemarin. Tapi, sampai hari ini (17/1) belum ada kiriman vaksin. Kemungkinan vaksin baru tiba pekan depan.

Saat vaksin sudah datang, percepatan vaksinasi untuk booster dilakukan. ’’Semua faskes, terutama puskesmas, harus melakukan booster. Vaksin akan kami sebar ke faskes,’’ lanjut Syaf.

Untuk sementara, sasaran vaksinasi booster masih para lansia. Selanjutnya, penyuntikan vaksin ketiga juga menyasar para pelayan publik. Seperti pejabat pemda dan jurnalis yang dulu juga mendapat vaksinasi tahap awal.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : may/c17/any

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads