alexametrics

Umrah Perdana Surabaya Diikuti 450 Jemaah

17 Januari 2022, 19:20:50 WIB

JawaPos.com – Ibadah umrah mulai dibuka. Ratusan jemaah asal Surabaya telah terbang menuju Tanah Suci. Dari data Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Surabaya, jemaah yang sudah berangkat sebanyak 450 orang. Sebelum terbang ke Tanah Suci, mereka terlebih dahulu menjalani karantina di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Kasi Pelaksana Haji dan Umrah Kemenag Surabaya Gatarman menyampaikan, para jemaah itu berangkat Jumat lalu (14/1). Mereka tergabung dalam satu kelompok penerbangan (kloter) melalui penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU). ”Mereka sudah masuk waiting list sejak lama,” kata Gatarman Minggu (16/1).

Selepas kloter pertama itu, pemberangkatan jemaah umrah asal Surabaya akan terus bertambah. Mereka berasal dari berbagai PPIU. Sebab, warga Surabaya yang masuk daftar tunggu umrah tergolong banyak. ”Setelah ini, tambah banyak lagi yang berangkat. Khususnya pada Februari,” tuturnya.

Hingga kini, ribuan calon jemaah umrah masih menunggu jadwal keberangkatan. Berdasar data dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Jatim, sejauh ini jumlahnya 15.458 calon jemaah umrah. Calon jemaah umrah asal Surabaya paling banyak di Jatim. Adapun total calon jemaah umrah se-Jatim mencapai 95.179 orang. Mereka masuk data nomor pendaftar umrah (NPU) di Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag RI. Para calon jemaah umrah Surabaya terdaftar di 48 PPIU se-Surabaya.

Ke depan, Kemenag Surabaya meminta tambahan kouta untuk penerbangan khusus dari Bandara Juanda Surabaya. Permintaan itu sudah disampaikan ke Ditjen PHU Kemenag RI. Tapi, sampai sekarang Kemenag Surabaya masih menunggu jawaban. ”Kami usul agar Surabaya sebagai embarkasi pemberangkatan sendiri. Karena jika transit di Jakarta, pasti menambah biaya jemaah,” imbuh Gatarman.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : mar/c6/aph

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads