alexametrics

Puncak Maksimum Air Laut Pasang, Relawan dan Satgas Surabaya Siaga

17 Januari 2022, 12:51:20 WIB

JawaPos.com- Imbauan untuk meningkatkan kewaspadaan saat pasang air laut  maksimum terus disampaikan Pemkot Surabaya. Fenomena rob tersebut diprediksi terjadi pada rentang 16–20 Januari.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya Ridwan Mubarun mengatakan, sosialisasi disampaikan secara langsung. Terutama pada kawasan yang rawan terdampak rob. ”Mulai daerah Nambangan, Bulak Cumpat, sekitar pelabuhan, dan Asemrowo juga,” katanya kemarin (16/1).

Dia menambahkan, prediksi pasang air laut maksimum itu terjadi pada malam hari, pukul 22.00 hingga 24.00 WIB. Robb merupakan rutinitas bulanan yang terjadi di kawasan pesisir. Namun, yang perlu diwaspadai adalah saat terjadinya rob itu disertai hujan intensitas tinggi.

”Iya, yang perlu diwaspadai warga air lautnya naik ya, ditambah hujan. Jadi, waspada pada jam-jam itu penting ditingkatkan,” jelasnya.

Ridwan juga melibatkan satgas kampung tanggap bencana. Satgas yang beranggota warga sekitar itu nantinya bakal berkoordinasi langsung dengan satgas BPBD Kota Surabaya. Jika ada hal-hal kedaruratan, kata dia, dapat segera menyam-paikan kepada satgas maupun call center 112.

”Beberapa weather information display (WID) juga sudah aktif. Relawan warga dan satgas juga diperintah siaga,” ungkapnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : zam/c9/ai

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads