alexametrics

Jadi Tersangka Pemalsu Akta Wasiat, King Ajukan Praperadilan

17 Januari 2022, 18:48:14 WIB

JawaPos.com – King Finder Wong ditetapkan sebagai tersangka pemalsuan akta wasiat setelah gugatannya kandas dalam sengketa waris. Dia keberatan dengan penetapan tersangka itu dan mengajukan permohonan praperadilan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

Ahyani Musaidah, pengacara King, menganggap penetapan tersangka terhadap kliennya tidak sah. Dia beranggapan bahwa penyidik tidak punya cukup bukti. ”Fotokopi surat yang tidak ada surat aslinya sangat diragukan kebenaran dari isi surat tersebut. Karena fotokopi adalah bentuk penggandaan sehingga bisa saja isi dan tanda tangannya diubah dan tidak sesuai dengan aslinya,” jelas dia.

Selain itu, King hingga kini belum pernah diperiksa penyidik sebagai tersangka. Namun, dia sudah ditetapkan sebagai tersangka sebagaimana Surat Penetapan Nomor S-Tap/329/XII/ Res.1.9/2021 Satreskrim tertanggal 13 Desember 2021.

”Tindakan termohon (penyidik) tanpa pemeriksaan merupakan tindakan yang tidak sah. Penetapan tersangka terhadap diri pemohon (King) harus dibatalkan oleh hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ini,” tegasnya.

Kasatreskrim Polrestabes Surabaya AKBP Mirzal Maulana secara terpisah menyatakan, penanganan perkara itu sudah dijalankan sesuai aturan.

Mirzal mengatakan, tersangka selama ini tidak menunjukkan sikap kooperatif. Di antaranya selalu mangkir dari panggilan pemeriksaan penyidik. ”Dari serangkaian proses penyelidikan yang berjalan, penyidik menilai ada unsur pidana dari kasus tersebut. Jadi, status yang bersangkutan kami naikkan menjadi tersangka,” paparnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : gas/edi/c9/eko

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads