alexametrics

Tambahan Pengamanan Menjelang Natal dan Tahun Baru di Surabaya

16 Desember 2019, 17:31:45 WIB

JawaPos.com – Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai I Jatim bersiap menghadapi Natal dan tahun baru. Salah satunya menyiapkan tim K-9 untuk mendeteksi barang bawaan penumpang. Kemarin operasi itu diujicobakan.

Tim bea dan cukai menggunakan anjing pelacak untuk memeriksa barang bawaan di Terminal 2 Bandara Internasional Juanda Dua petugas K-9 Kanwil DJBC I, Jaka dan Edo, memerintah anjing pelacak untuk mengendus barang di ruang bagasi. Edo mengatakan, jika menemukan narkotika, anjing akan mencium lebih lama. Dia juga bakal menggaruk-garuk barang bawaan tersebut. Yang diperiksa kemarin adalah bagasi penerbangan dari Kuala Lumpur, Malaysia.

”Lebih rawan. Kami dapat atensi untuk lebih sering memeriksa di terminal kedatangan internasional Juanda dan Pelabuhan Tanjung Perak,” terangnya.

Eka Antara Putra, koordinator K-9 Kanwil DJBC I Jatim, mengatakan bahwa pemeriksaan semacam itu akan rutin dilakukan menjelang liburan Natal dan tahun baru. Mereka akan menerjunkan dua jenis anjing yang berbeda. Yaitu, anjing pelacak jenis agresif dan pasif. Keduanya digunakan di tempat berbeda. Anjing pelacak agresif akan digunakan untuk mengecek barang bawaan. Yang pasif lebih untuk memeriksa orang. ”Semuanya untuk narkotika. Karena mereka dilatih untuk mencium serbuk haram itu,” ucapnya.

Sementara itu, 41 mobil dan 11 sepeda motor patroli disiapkan polrestabes untuk mengamankan perayaan Natal dan tahun baru. Kapolrestabes Surabaya Kombespol Sandi Nugroho dan Wakapolrestabes Surabaya AKBP Agus Sudaryatno mengecek kesiapan kendaraan patroli beserta personel yang ditugaskan kemarin malam.

Kendaraan patroli dan personel itu berasal dari seluruh unit dan polsek se-Surabaya. Kapolrestabes Sandi menyatakan, ada sejumlah tempat yang menjadi prioritas pengamanan. Di antaranya, tempat ibadah, tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan permukiman yang ditinggal berlibur pemiliknya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : den/gas/c6/tia


Close Ads