alexametrics

Mulai Hari Ini, Pemohon SIM di Gresik Wajib Tes Psikologi

16 Desember 2019, 15:52:01 WIB

JawaPos.com – Pemohon baru dan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) di Satpas Polres Gresik kini wajib menjalani tes psikologi. Syarat baru itu akan dimulai per hari ini (16/12). Polisi menyebutkan, kebijakan tersebut merupakan upaya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Kasatlantas Polres Gresik AKP Erika Purwana Putra menyatakan, tambahan tes psikologi bakal melengkapi tes kesehatan jasmani yang sudah lebih dulu diterapkan, selain ujian praktik dan tulis. ’’Tes psikologi akan diterapkan mulai besok (hari ini, Red). Tidak hanya di Gresik, tetapi serentak di Polda Jatim,’’ ujarnya kemarin (15/12).

Ada sejumlah tujuan yang diharapkan atas kebijakan baru tersebut. Di antaranya, meningkatkan kompetensi pengemudi. Dalam catatan Satlantas Polres Gresik, kecelakaan yang terjadi selama ini disebabkan faktor manusia (human error). ’’Dengan kompetensi itu, kami berharap dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas,’’ tegas alumnus Akpol 2007 itu.

Tes psikologi akan ditangani pihak ketiga yang sudah menjalin kerja sama dengan Polda Jatim. Kebijakan tersebut juga merujuk UU 2/2002 tentang Kepolisian Republik Indonesia dan UU 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan serta Peraturan Kapolri (Perkap) 9/2012 tentang Surat Izin Mengemudi. ’’Biaya untuk tes psikologi itu di luar pengurusan SIM,’’ ujarnya.

Saat ini biaya pembuatan SIM A Rp 120 ribu, SIM C Rp 100 ribu, dan SIM B1 Rp 120 ribu. Biaya perpanjangan SIM A Rp 80 ribu, SIM C Rp 75 ribu, dan SIM B1 Rp 80 ribu

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : yad/c16/hud


Close Ads