alexametrics

Camat-Camat Ikut Merayu Lansia Agar Mau Divaksin

16 Oktober 2021, 22:09:53 WIB

JawaPos.com- Pemerintah pusat akan kembali mengumumkan PPKM diperpanjang ataukah tidak, Senin (18/10). Sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 47 Tahun 2021, sejauh ini wilayah aglomerasi Surabaya Raya masih tertahan di PPKM level 3.

Agar Surabaya Raya dapat turun ke PPKM level 2, mengacu Inmendagri itu maka capaian vaksinasi dosis pertama untuk sasaran masyarakat umum harus di atas 60 persen. Lalu, untuk warga lanjut usia (lansia) minimal 40 persen.

Untuk sasaran masyarakat umum, Kota Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik, hingga Sabtu (16/10), capaian vaksinasi dipastikan sudah di atas 70 persen. Nah, yang lansia, baru Surabaya dan Sidoarjo yang sudah mencapai 40 petsen. Adapun Gresik, masih kurang sekitar 2,5 persen lagi dari jumlah sasaran kurang lebih 123 ribu lansia.

Mengejar target sesuai Inmendagri tersebut, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani sudah mengundang seluruh camat pada Jumat (14/10) lalu. Bekerjasama dengan puskesmas dan bidan desa setempat, mereka diminta mendata lansia yang belum tersentuh vaksin. Lalu, petugas akan mendatangi door-to-door untuk memvaksin. Bahkan, bersama Kadin Gresik, pemkab juga telah menerjunkan 18 mobil vaksinasi.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos, untuk mencapai target minimal 40 persen sasaran lansia itu, Gresik hanya tinggal sekitar 3 ribuan orang. Jika kekurangan itu dibagi 18 kecamatan, di setiap kecamatan cukup mencari sasaran 150-200 lansia saja.

Camat-camat pun telah bergerak cepat. Di Kecamatan Sidayu, misalnya. Sudah berhasil menambah cakupan vaksinasi sebanyak 102 lansia. ‘’Yang sudah masuk dalam pendataan bersama Pak Kapolsek dan Koramil, ada sekitar 200 orang. Minggu dan Senin, mereka akan kami vaksin,’’ kata Nuryadi, camat Sidayu kepada Jawa Pos, Sabtu (15/10).

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : son




Close Ads