alexametrics

Terminal Purabaya Belum Wajibkan Rapid Test, Hanya Surat Sehat

16 September 2020, 13:48:57 WIB

JawaPos.com – Terminal Purabaya belum mewajibkan penumpang dan kru bus membawa surat hasil rapid test. Pengelola masih mensyaratkan surat keterangan sehat. Saat ini fokusnya adalah ketertiban di area lingkungan terminal.

Kasubnit Terminal Purabaya Imam Hidajat menyatakan, hingga kemarin (15/9) belum ada instruksi tentang kewajiban membawa surat hasil rapid test bagi penumpang maupun kru bus. Termasuk penumpang dari luar kota yang masuk Surabaya. Aturan tetap diberlakukan seperti sebelumnya. Yakni, membawa surat keterangan sehat dan harus memakai masker.

”Tapi, pengamanan dan ketertiban memang diperketat,” katanya. Misalnya, penumpang dan kru bus yang tidak memakai masker atau penutup mulut dan hidung tersebut langsung akan mendapatkan sanksi di tempat.

Misalnya, yang terjadi kemarin. Salah seorang penumpang langsung diminta turun karena tidak membawa masker. Dia disuruh push-up dan membeli masker ke kios. Begitu pun seorang kru bus yang memakai masker di dagu. Dia langsung diminta push-up. Selain push-up, sanksi lainnya adalah menghafalkan Pancasila. ”Kalau dulu nggak bawa masker suruh beli saja, sekarang harus ada sanksi,” tuturnya.

Aturan itu diterapkan secara tegas lantaran saat ini Terminal Purabaya dijaga aparat gabungan. Mulai TNI, Polri, hingga dinas perhubungan (dishub). Mereka siaga berpatroli di lingkungan terminal serta memantau dan menertibkan siapa saja yang abai dengan peraturan.

Selain itu, di ruang kedatangan dilakukan pengecekan suhu tubuh dan scanner. Petugas terminal bakal memantau penumpang yang berdatangan secara aktif dan real time.

Imam mengakui, hingga kemarin, situasi pandemi berdampak di Terminal Purabaya. Jumlah penumpang harian belum menyentuh angka normal seperti data sebelum pandemi. Terminal masih sepi penumpang.

Meski begitu, memang mulai ada sedikit peningkatan jika dibandingkan dengan bulan lalu. Terutama saat akhir pekan. Ada kenaikan sekitar 24 persen untuk jumlah penumpang dan 64 persen untuk armada bila dibandingkan dengan bulan lalu. ”Tapi, tetap sepi kalau dibandingkan dengan sebelum pandemi,” jelasnya. 

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : elo/c14/ai




Close Ads