alexametrics

Cegah Covid-19, Pemkab Gresik Tidak Kendur Kampanye Bermasker

16 September 2020, 15:48:15 WIB

JawaPos.com – Kampanye Gresik Bermasker untuk menekan persebaran Covid-19 terus bergema. Selasa pagi (15/9) Bupati Sambari Halim Radianto kembali turun ke Jalan dr Wahidin Sudirohusodo untuk bagi-bagi masker ke para pengendara. Di pemkab, masih ada stok 50 ribu masker untuk dibagikan ke masyarakat.

Di Jalan dr Wahidin Sudirohusodo, tepatnya depan kantor pemkab, petugas menghentikan para pengendara. Lalu, satu per satu diberi masker. Bupati juga terlihat sibuk menyodorkan masker. Sesekali doktor alumnus Unair itu berdialog dengan pengguna jalan. ’’Sebelumnya puluhan ribu masker kami bagikan melalui camat, PKK, dan elemen masyarakat lain,’’ ujarnya.

Selain di Jalan dr Wahidin Sudirohusodo, aksi bagi-bagi masker tersebut dilakukan petugas di Jalan Veteran dan Jalan Gubernur Suryo. Setidaknya, kemarin ada 10 ribu masker yang dibagikan ke masyarakat. ’’Sekali lagi, jangan sampai ada warga yang tidak bermasker ketika beraktivitas di luar sebagai salah satu upaya menekan persebaran virus korona,’’ kata Sambari.

Sehari sebelumnya, jajaran forkopimda juga menggelar operasi yustisi dengan sasaran pengendara yang tidak mengenakan masker. Ada puluhan orang yang terjaring dengan sanksi denda Rp 150 ribu atau kerja sosial sesuai Perbup Nomor 22 Tahun 2020. Nah, kemarin pengguna jalan tampaknya sudah disiplin. Tidak ada pengguna jalan yang tak bermasker. Bupati pun lega. ’’Meski angka kesembuhan tinggi, perlu diingat angka tambahan kasus positif juga masih tinggi. Jadi, mari sama-sama waspada,” katanya.

Ajakan untuk terus bermasker kemarin juga disampaikan Wabup Moh. Qosim dan Kapolres AKBP Arief Fitrianto saat menghadiri dialog dan tasyakuran di kantor perwakilan Jawa Pos Gresik.

’’Bu Gubernur pun sudah memberikan instruksi agar warga yang tidak disiplin bermasker langsung diberi sanksi agar ada efek jera. Karena itu, kami forkopimda akan terus mengedukasi sekaligus melakukan tindakan. Setiap hari akan ada operasi,” ujar Arief.

Pernyataan senada disampaikan Wabup. Dia pun berharap kepada para wartawan untuk ikut mengedukasi masyarakat agar terus mengenakan masker ketika berada di luar.

’’Persebaran Covid-19 di Gresik saat ini relatif sudah melandai, jangan sampai kembali ke merah. Kita semua harus berikhtiar agar menuju ke zona hijau. Insya Allah bisa dengan kedisiplinan,” ungkap Qosim.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : son/yog/c7/hud



Close Ads