alexametrics

Revitalisasi Rumah Bung Karno Ditargetkan Rampung 4 Bulan

16 Mei 2022, 14:48:26 WIB

JawaPos.com – Revitalisasi rumah Bung Karno mulai dikerjakan. Bangunan bersejarah itu akan dijadikan minimuseum sang proklamator. Khususnya terkait dengan perjalanan hidupnya di Surabaya.

Jika tidak ada kendala, pengerjaannya rampung empat bulan mendatang. Rumah kelahiran Bung Karno sebelumnya sempat dihuni warga. Pemkot kemudian membelinya untuk bisa dimanfaatkan.

Mengingat, bangunan di Jalan Pandean IV, Peneleh, Kecamatan Genteng, itu sangat bersejarah. Terlebih dapat dijadikan tempat wisata.

Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Iman Krestian menyatakan, lelang sudah dilakukan dan saat ini pengerjaan dimulai. Renovasi bangunan meliputi beberapa titik. ”Pengerjaan mulai dilakukan bulan ini,” terangnya.

Dia menjelaskan, revitalisasi dikerjakan di area lantai 2 dan dapur. Saat ini atap lantai 2 yang terbuat dari kayu sudah lapuk sehingga harus diganti agar tidak ambrol. Bangunan lantai 2 tidak luas, hanya di area belakang.

Bagian dapur akan dibuat menjadi pantri. Begitu juga area kamar mandi yang nanti dirombak agar lebih nyaman dan bagus lagi. Bagian interior ruangan juga dilengkapi air conditioner (AC).

Menurut Iman, penataan interior dan renovasi tidak bisa sembarangan. Revitalisasi juga dilakukan berdasar arahan dari tim cagar budaya. Maklum, bangunan tersebut adalah cagar budaya.

Iman menyebut renovasi yang dilakukan tidak banyak. Artinya, bangunan asli tetap dijaga. Pengerjaan ditargetkan rampung dalam empat bulan ke depan. Renovasi yang menghabiskan anggaran sekitar Rp 500 juta itu diharapkan bisa menjadi alternatif tempat wisata baru. Khususnya yang bertema sejarah.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : omy/c14/git

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads