alexametrics

Porsi Cadangan Siap, 112 CJH Asal Sidoarjo Belum Konfirmasi Pelunasan

16 Mei 2022, 16:58:42 WIB

JawaPos.com- Jumlah Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Sidoarjo yang masuk porsi berangkat haji tahun ini, ada 1.306 orang. Dari jumlah tersebut, hingga kemarin (15/5) yang belum melakukan konfirmasi pelunasan ada sebanyak 112 orang.

Karena itu, Kemenag Sidoarjo meminta CJH cadangan yang sudah melunasi biaya haji untuk bersiap-siap. Mereka akan menggantikan jika ada yang batal berangkat karena gagal melunasi biaya haji.

Kasi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah Kemenag Sidoarjo Rohmat Nasrudin menyatakan, pergerakan porsi untuk yang berangkat haji biasanya menunggu satu hingga dua hari setelah hari terakhir masa pelunasan dan konfirmasi, yakni Jumat (20/5) mendatang. ”Sebab, dari proses itu akan diketahui berapa yang tidak konfirmasi pelunasan,” katanya.

Kemenag terus berkoordinasi dengan para kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) untuk mendorong CJH-nya agar segera mengonfirmasi pelunasan. Terutama bagi mereka yang ingin berangkat haji tahun ini. Sebab, tahun ini tidak ada pelunasan dan konfirmasi tahap kedua.

”Artinya, mereka yang tidak melakukan konfirmasi pelunasan sesuai jadwal dianggap menunda berhaji tahun ini. Bakal melakukan ibadah tahun depan,” lanjut Nasrudin.

Pihak Kemenag juga telah menyebar informasi secara masif terkait konfirmasi pelunasan. Dengan cara memberi tahu para CJH lewat surat pemberitahuan secara pribadi ke tiap CJH. Dengan begitu, tidak akan ada CJH yang terlewat untuk melakukan konfirmasi sesuai dengan jadwal yang ditentukan untuk bisa berhaji tahun ini.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : may/c9/any

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads