alexametrics

Liburan, Omzet Pedagang THP Kenjeran Melonjak 90 Persen

16 Mei 2022, 17:24:04 WIB

JawaPos.com- Libur Lebaran dan long weekend menjadi momentum tersendiri bagi para pedagang dan pelaku UMKM di Surabaya. Tak terkecuali pedagang di kawasan Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran.

Menurut Ernawati, pedagang asal Sukolilo, libur Lebaran lalu adalah momen ’’panen’’ bagi pedagang dan pelaku UMKM. Hal itu didukung dengan dibukanya sarana wisata di Surabaya. ’’Beda sekali dengan tahun lalu. Kami hampir minim pemasukan. Meski buka, yang datang wisata sedikit,’’ tuturnya kemarin (15/5).

Berbeda setelah pemerintah memperbolehkan aktivitas selama Lebaran. ’’Apalagi kemarin ini. Pas libur Lebaran beberapa hari itu, THP buka. Wah panen saya,’’ ujarnya, girang.

Penjualannya meningkat hingga 90 persen. Pengunjung dari berbagai daerah memborong dagangannya. ’’Pernah mereka beli di lapak THP. Karena barangnya kurang, saya arahkan ke toko di rumah. Alhamdulillah ya,’’ ucapnya.

Selama masa Lebaran, pihaknya mampu meraup Rp 80 juta–Rp 90 juta. Jenis yang diminati itu berupa olahan laut. Di antaranya, kerupuk teripang, lorjuk, kerupuk terung, dan kulit ikan.

Mayoritas pengunjung membeli dalam jumlah banyak. ’’Katanya untuk oleh-oleh sama sajian unjung-unjung Lebaran. Kalau cocok, biasanya untuk dijual lagi,’’ imbuhnya. Dia berharap, meski masih dibayangi pandemi Covid-19, penjualan olahan laut tetap meningkat.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : zam/c18/ai

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads