alexametrics

Geram, Masih Ada Sekolah di Surabaya Tahan Ijazah Siswa

16 Mei 2022, 09:54:23 WIB

JawaPos.com– Kesal bukan main hati Baktiono. Ketua Komisi C DPRD Surabaya itu menerima aduan bahwa ada SMA dan SMK yang menahan ijazah siswanya. Ternyata, kasus ini masih ditemui di Kota Pahlawan. Dia meminta Pemprov Jatim segera turun tangan menuntaskan persoalan itu.

Laporan ijazah siswa yang ditahan pihak sekolah tersebut didapatkan Baktiono saat berkunjung ke wilayah Platuk Donomulyo Sabtu (14/5) lalu. Bukan kali pertama dia menerima aduan itu. Sejak 2017, Baktiono sudah membantu pelajar mendapatkan dokumen kelulusannya.

”Banyak yang lapor, tidak satu dua orang saja. Pemprov Jatim harus berani membuka informasi itu,” ucapnya.

Mayoritas ijazah yang ditahan adalah milik siswa SMA/SMK swasta. Awalnya, aduan yang masuk hanya satu dua. Semakin lama semakin banyak. Bisa saja Baktiono membantu warga mengambil ijazah tersebut. ”Namun, kondisi ini harus segera dibenahi,” imbuhnya.

Menahan ijazah siswa tentu bukan langkah bijak. Justru bakal berdampak negatif pada wajah pendidikan di Surabaya. Menurut Baktiono, penahanan dokumen itu membuat pelajar yang sudah lulus sulit mencari pekerjaan. Sebab, mereka hanya memiliki ijazah SMP. Sementara dunia kerja membutuhkan ijazah dengan level yang lebih tinggi.

Baktiono mendorong Pemprov Jatim segera mengambil tindakan terhadap permasalahan tersebut. Ijazah siswa harus diberikan. Sebab, pendidikan tingkat atas merupakan kewenangan Pemprov Jatim. Pemkot hadir memberikan bantuan pendidikan di level SMA/SMK. Salah satunya melalui program beasiswa.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : sam/c17/aph

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads