alexametrics

2.399 Calon Jemaah Haji Jatim Belum Lunasi Bipih

16 Mei 2022, 17:48:41 WIB

JawaPos.com – Saat batas waktu pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (bipih) tinggal empat hari lagi, ternyata cukup banyak calon jemaah haji (CJH) yang belum menyelesaikan kewajiban. Tak terkecuali di wilayah Jatim.

Berdasar data hingga akhir pekan lalu, tercatat ada 2.399 CJH yang belum mengonfirmasi pelunasan bipih. Sementara itu, 13.557 orang lainnya sudah menyelesaikan kewajiban. Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Jatim menetapkan batas akhir pelunasan pada Jumat (20/5) mendatang.

”Mayoritas (CJH, Red) yang belum melunasi sebenarnya tinggal konfirmasi ke bank. Tapi, ada juga yang memang belum dilunasi karena dananya sempat ditarik,” jelas Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jatim Abdul Haris.

Dia menjelaskan, CJH yang sudah melunasi bipih pada 2020 memang harus melakukan konfirmasi ulang ke bank untuk dimintakan bukti pelunasan. Sementara, mereka yang telanjur menarik biaya pelunasan karena tak jadi berangkat dua tahun lalu harus kembali membayar dengan nominal biaya haji sesuai tahun ini. Jika CJH tak menyelesaikan kewajibannya hingga batas akhir yang ditetapkan, Kemenag akan menggantinya dengan CJH lain yang masuk dalam daftar cadangan.

Tahun ini biaya haji Jatim mencapai Rp 42 juta. Mereka yang menarik biaya pelunasan diminta membayar biaya tambahan sesuai dengan biaya tahun ini. Sementara, mereka yang tak menarik biaya pelunasan tak dikenai biaya tambahan lagi.

Di luar itu, ada calon jemaah yang memilih untuk mundur dan menunda keberangkatan. Mayoritas adalah CJH pendamping keluarganya yang gagal berangkat karena terbentur aturan pembatasan usia maksimal 65 tahun.

”Mereka ini akhirnya memilih mundur dan menunda keberangkatan tahun depan,” ujarnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kemenag Jatim menyiapkan kuota cadangan untuk mengisi slot kosong lantaran CJH belum melakukan pelunasan maupun mundur/menunda keberangkatan. Besarannya mencapai 20 persen dari total kuota haji Jatim yang hampir 16 ribu CJH.

Saat ini ada 1.746 CJH cadangan asal Jatim yang telah melunasi bipih. ”Mereka ini akan langsung masuk list jika kuota utama tak terisi,” katanya.

CJH cadangan tersebut setiap tahun tetap dimasukkan agar tak ada kuota yang kosong. Jadi, serapan CJH asal Jatim tetap maksimal dalam setiap penyelenggaraannya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : elo/c14/ris

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads