alexametrics

Dinkes dan BPOM Surabaya Terus Jalan Uji Sampel Takjil dan Parsel

16 April 2022, 09:15:00 WIB

JawaPos.com- Instansi kesehatan di Surabaya terus memantapkan pemantauan kualitas makanan selama Ramadan. Sebelumnya, Dinkes Kota Surabaya dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memeriksa kualitas makanan jelang berbuka puasa.

Ke depan, Dinkes Kota Surabaya dan BPOM bakal memeriksa parsel yang tersebar di sejumlah toko. Menurut Tata Usaha BPOM Surabaya Meliza Miranda Widiasari, mewakili Kepala BPOM Kota Surabaya Rustyawati, pihaknya sementara memeriksa dan menguji sajian takjil.

’’Kalau pemeriksaan takjil, masih berjalan,’’ katanya Kamis (14/4). Hingga kini pemeriksaan sajian takjil dilakukan di lima tempat. Termasuk pusat takjil di Surabaya seperti di Karang Menjangan dan kawasan Masjid Al Akbar.

Soal capaian pemeriksaan makanan, pihaknya belum dapat menyampaikan lebih jauh. Sebab, hingga kini pemeriksaan terus dilakukan secara berkala. Bukan hanya sajian takjil, tim gabungan bakal memeriksa kualitas parsel di Surabaya. ’’Termasuk pengawasan parsel juga bakal kami lakukan. Kami tuntaskan dulu yang takjil ini,’’ ungkapnya.

Kepala Subkoordinator Kefarmasian Makanan Dinas Kesehatan Kota Surabaya Umul Jahiriyah membenarkan akan adanya pemeriksaan parsel itu. ’’Iya, sudah kami jadwalkan (pemeriksaan parsel, Red),’’ kata Umul kemarin (14/4). Dia menyatakan, pemeriksaan itu dilakukan di berbagai toko dan ritel penyedia parsel di Surabaya.

Pemeriksaan tersebut bertujuan memastikan bahwa penyebaran parsel di masyarakat aman untuk dikonsumsi. Untuk itu, kata Umul, pemeriksaan parsel meliputi banyak hal. Di antaranya, masa kedaluwarsa, lalu izin edar, nama produk, kondisi barang dan produk, serta label identitas barang yang dijual. ’’Setidaknya memastikan agar yang beredar itu tetap aman,’’ tandasnya. 

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : zam/c12/a

Saksikan video menarik berikut ini: