alexametrics

Modus Tawarkan Kredit Mobil Milik Kemenkeu, Catut Nama Komisioner KPU

16 Maret 2022, 05:58:34 WIB

JawaPos.com- Aksi tipu-tipu dengan beragam modus terus berusaha menyasar mangsa. Paling umum, mencatut, mengaku atau berpura-pura sebagai tokoh penting, lalu menghubungi calon sasaran. Baik telepon langsung maupun lewat pesan WhatsApp (WA).

Isi pesannya pun beragam. Mulai menawarkan barang atau jasa, kerjasama, kredit hingga pemerasan dengan sejumlah temuan. Ujung-ujungnya sama. Yakni, sasaran atau objek penipuan mau menyetorkan uang ke pelaku. Biasanya lewat transfer bank.

Terbaru, nama yang dicatut adalah Makmun, Komisioner KPU Gresik yang juga pengurus MUI Gresik. Awalnya, Makmun dibuat bingung setelah rekan-rekannya menanyakan tentang bisnis sampingan yang sedang digeluti. Yakni, jual-beli kendaraan lelang milik Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Harga kendaraan itu miring. Lebih murah dari harga pasaran.

“Saya kaget karena memang tidak pernah terlibat bisnis mobil. Apalagi asetnya kementerian,” ungkapnya.

Rasa penasarannya pun terjawab setelah rekan-rekannya menunjukkan bukti pesan WA dari nomor HP yang tak dikenal. Nomor itu mencatut nama Makmun. Juga, menggunakan foto profil miliknya saat melaksanakan kegiatan di instansinya bekerja. “Sudah ada tujuh rekan saya yang dihubungi nomor asing itu,” paparnya.

Dalam percakapan tersebut, pelaku mengirimkan brosur digital. Nah, di dalam brosur itu tercantum tawaran kredit kendaraan lelang. Harga yang ditawarkan pun jelaku auh di bawah pasaran. Sebut saja, Toyota VRZ 2021 dibanderol hanya Rp 310 juta. Padahal, harga pasaran berkisar Rp 500 juta. Di brosus itu juga ada logo milik Kemenkeu dan berbagai bank milik BUMN.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : Ludry Prayoga

Saksikan video menarik berikut ini: