alexametrics

Mobil Tetap Melanggar Rambu Larangan Parkir di Jalan RA Kartini Gresik

16 Maret 2022, 16:23:14 WIB

JawaPos.com- Rambu kawasan tertib lalu lintas (KTL) belum diindahkan pengguna jalan. Terutama rambu larangan parkir. Terlihat di sejumlah jalan di Gresik, banyak kendaraan yang terparkir meski terlihat jelas rambu larangan tersebut.

Sebagaimana di Jalan RA Kartini kemarin siang. Dari pantauan Jawa Pos, terlihat mobil pribadi berderet memanjang sekitar 100 meter. Di jalan tersebut, padahal ada beberapa rambu larangan parkir yang terpasang sangat jelas.

Arus lalu lintas di jalan provinsi yang memiliki dua ruas itu pun kerap melambat akibat dampak parkir liar itu. Betapa tidak, mobil-mobil tersebut memakan sebagian badan jalan. Sebab, jalan itu tidak memiliki jarak, yakni langsung berimpitan dengan bangunan di sekitar.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Gresik Edy Hadi Siswoyo menyatakan, sebetulnya petugas dishub rutin melakukan patroli di kawasan perkotaan. Namun, hal itu belum berjalan efektif lantaran tidak bisa terpantau setiap waktu. Akhirnya, saat tidak ada patroli, jalanan kembali dibuat parkir.

Sebetulnya, Pemkab Gresik pernah memiliki rencana membeli mobil derek pada 2020 dan 2021. Tujuannya, menindak kendaraan yang parkir liar. Namun, karena pandemi Covid-19, anggaran pun terkena refocusing.

Edy menyebutkan, ke depan pihaknya akan melakukan patroli lebih intens. Dia menambahkan, untuk membeli mobil derek pada 2022 ini, tidak ada anggarannya. ’’Nanti kami beri tindakan,’’ ucapnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : son/c12/diq

Saksikan video menarik berikut ini: